Pegawai Layanan Publik di Palu Mulai Disuntik Vaksin Covid-19

oleh -
Petugas menyuntikan vaksin Covid-19 kepada salah satu ASN. (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pelayanan publik di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palu mulai disuntik Vaksin Covid-19 dosis pertama. Penyuntikkan itu dilaksanakan di halaman kantor sekertariat Pemkot Palu, Jalan Balai Kota Timur, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (08/03/2021).

“Ini atas saran pak Walikota, untuk sekertariat sebanyak 80 orang kemarin perencanaannya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Palu, dr Husaema Kepada KabarSelebes.ID.

Sesuai tahapan, sebelum disuntik ASN melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan. Pencanangan vaksinasi memang dikebut oleh Walikota Palu, Hadianto Rasyid terutama untuk guru-guru agar sekolah kembali dibuka seperti biasa awal April mendatang.

Husaema bilang untuk sementara hanya ada ratusan ASN yang disuntik vaksin sebab masih menunggu pendistribusian dari pusat.

“Semua ASN akan divaksin, tapi sekarang vaksin yang tersedia hanya untuk guru dan ASN,” ujarnya.

Vaksin bikinan Bio Farma itu dikemas dalam kemasan dus sekunder berisi 10 vial dengan ukuran 5 ml. Di mana Husaema bilang setiap vial berisi vaksin 10 dosis. Sehingga vaksin tidak bisa dibuka jika yang mendaftar hanya sebanyak 6 orang.

Yusran (50 th) salah satu ASN di Pemkot Palu menuturkan tak ada gejala usai disuntik vaksin Covid-19 dan menunggu selama 30 menit.

“Memang gejala mengantuk kurang lebih selama 15 menit itu ada, keram-keram belum ada,” ujarnya.

Sebelumnya ia bersama ASN lainnya mengaku ragu untuk disuntik vaksin Covid-19 sebab simpang siurnya informasi yang beredar. Walakin, dengan gencarnya kampanye-kampanye terkait keamanan vaksin, ia mengaku tetap bersedia divaksin apabila sudah disediakan oleh pemerintah.

“Saya sudah meyakinkan diri saya, saya harus divaksin. Karena vaksin ini kan untuk kita. Kita bisa mencegah penularan Covid-19,” ujarnya. (ap)

Laporan: Adi Pranata

Berikut foto-foto yang hasil jepretan Adi Pranata :

Silakan komentar Anda Disini....