26 ASN di Parigi Moutong Ikut Seleksi JPT Tahap Akhir

  • Bagikan
Sekertaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong, Zulfinasran saat menguji para peserta JPT, Selasa (09/03/2021). (Foto: Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.ID)

PARIGI, Kabar Selebes – Sebanyak 26 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Parigi Moutong mengikuti pelaksanaan seleksi tahap akhir Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT), Selasa (09/03/2021). Sebelumnya dari 30 ASN yang mendaftar empat orang telah dinyatakan gugur oleh panitia.

“Keempat orang yang dinyatakan gugur itu satu orang dari test administrasi kemudian tiga di antaranya test managerial dan sosial kultural,” ujar Kepala Badan kepegawaian pengembangan dan sumber daya manusia (BKPSDM) Parigi Moutong, Ahmad Saiful, ditemui saat pelaksanakan seleksi tahapan akhir.

Saiful mengatakan, untuk seleksi akhir JPT khususnya tes ujian kompetensi teknis terdapat lima orang tim penguji yakni Sekertaris Daerah (Sekda), tiga dari akademisi dan satu dari perwakilan tokoh masyarakat.

Menurutnya uji kompetensi merupakan presentase terbesar dalam penilaian untuk menentukan lulus atau tidaknya peserta. Pada tahapan ini para peserta diuji bagaimana visi-misinya ke depan terkait dengan presentase makalah yang dia buat tentang jabatan yang diajukan.

Hasil terakhir itulah yang kemudian akan diakumulasi perjabatan dengan perolehan nilai satu sampai dengan tiga.

“Dari nilai itulah yang kemudian disampaikan ke Bupati dan diusulkan ke KASN untuk minta persetujuan,” ungkap Saiful.

Lanjut kata Saiful, ketika persetujuan dari KASN itu sudah ada maka selanjutnya akan dilakukan pelantikan. Meski demikian, Bupati punya kewenangan untuk memilih siapa saja yang akan dilantik.

Sementara untuk pengumuman hasil akhir akan dilakukan pada Kamis, (11/03/2021) dan kemudian dilanjutkan pengusulan ke KASN pada Jumat, (12/03/2021) mendatang. (rkb/ap/fma)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan