Penyelesaian Polemik PT Poso Energy dan Warga, Wabup Yasin: Prioritas Pemda

  • Bagikan
Rapat pertemuan awal yang membahas terkait permasalahan antara PT Poso Energy dan masyarakat di Kecamatan Pamona Utara dan Pamona Puselemba pada Senin (8/3/2021). (Foto : Istimewa)

POSO, Kabar Selebes – Penyelesaian polemik antara PT Poso Energy dan warga di Kecamatan Pamona Utara dan Pamona Puselemba terkait River Improvement disekitar Danau Poso akan menjadi prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

“Pemda Poso ingin menyelesaikan semua masalah-masalah yang belum sempat terselesaikan oleh pemerintahan lama, termasuk polemik antara PT Poso Energy dan warga yang jadi prioritas,” ujar Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Poso, Yasin Mangun, kepada sejumlah awak media usai mengikuti pertemuan awal dengan pihak PT Poso Energy bersama Bupati Verna Ingkiriwang, pada Senin (8/3/2021).

Dia mengatakan, alasan penyelesaian polemik antara PT Poso Energy dan warga di dua kecamatan tersebut menjadi perioritas, karena didalamnya terdapat banyak kepentingan.

Terutama, kepentingan warga yang terdampak dan hingga kini masih menuntut ganti rugi yang belum terselesaikan.

Menurutnya, warga yang terdampak akibat aktifitas PT Poso Energy disekitar Danau Poso itu, harus mendapatkan kembali hak-haknya.

Sehingga, Pemda Poso harus bisa menjadi mediator yang baik untuk menyelesaikan masalah ini.

“Menjembatani kepentingan masyarakat dan kepentingan PT Poso Energy demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mengamankan investasi yang ada di Kabupaten Poso,” ucapnya.

Wabup Yasin menambahkan, terkait adanya aktifitas peledakkan Goa Pamona atau Tentena yang isunya beredar di masyarakat, yang dimunculkan dalam persoalan ini perlu diklarifikasi.

“Isu itu, tidak benar dan disimpulkan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PT Poso Energy tidak berdampak langsung terhadap Goa Pamona atau Tentena,” terangnya.

Tokoh agama Kabupaten Poso, Pdt Rinaldy Damanik, yang turut hadir dalam pertemuan tersebut mengucapkan terimah kasih kepada Pemda Poso yang telah mengakomodir pertemuan PT Poso Energy bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sebagai upaya penyelesaian seluruh permasalahan yang terjadi.

Ia mengaku kehadirannya dalam pertemuan tersebut sebagai orang yang ditokohkan untuk menyampaikan pesan masyarakat.

“Masyarakat mempertanyakan manfaat dari aktifitas pengeboran yang dilakukan PT Poso Energy disekitar Goa Pamona atau Tentena,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Humas PT Poso Energy Sulewana, M. Syafri, mengatakan hasil dari pertemuan bersama Pemda Poso tersebut, nantinya akan dibentuk tim untuk menyelesaikan seluruh permasalahan terkait hal itu.

Berdasarkan solusi yang ditawarkan oleh Pemda Poso, kata dia, penyelesaian masalah tersebut dilakukan dengan cara mediasi per setiap desa atau kelurahan.

Dikatakannya, pertemuan bersama Pemda Poso yang turut menghadirkan masyarakat serta para tokoh itu, tidak secara langsung menyimpulkan atau memutuskan.

“Tetapi, itu merupakan pertemuan awal untuk mendetailkan duduk masalah dalam mengambil kesimpulan pada pertemuan selanjutnya yang akan menjadi kesepakatan,” pungkasnya. (rdn/rlm/fma)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan