Dana Bidikmisi Untad Segera Cair, Mahasiswa Diminta Bersabar

Suasana pertemuan DPRD Sulteng bersama pihak Untad membahas pencairan dana Bidikmisi, Rabu (24/03/2021). (Foto: Istimewa)

PALU, Kabar Selebes – Akhirnya masalah terkait pencairan dana Bidikmisi menemui titik terang setelah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama pihak kampus Universitas Tadulako (Untad) melakukan pertemuan, Rabu (24/3/2021).

Pertemuan tersebut menyepakati bahwa untuk beberapa hari ke depan Dana Bidikmisi akan segera tercairkan kepada mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.

Ketua komisi IV DPRD Sulteng, Alimudin Paada menyatakan permasalahan terjadi pada sistem keuangan yang berubah. Perubahan bukan terjadi di Untad tapi juga di semua pemerintahan termasuk di DPRD.

“Di semua pemerintahan juga agak terlambat dan apa lagi ini memang uang tidak masuk ke rekening untad, tapi pencairanya langsung ke rekening mahasiswa jadi kendalanya ini hanya sistem keuanganya saja yang berubah,” ujarnya.

Selain itu kata dia, alasan keterlambatan juga terjadi banyak data yang tidak jujur. Ia pun menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini dana Bidikmisi akan segera cair dan masuk ke rekening mahasiswa.

Sementara, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Lukman, M.Hum, mengatakan nama-nama mahasiswa penerima Bidikmisi sudah dikirim ke pusat dan tinggal menunggu beberapa hari ke depan sudah masuk ke rekening mahasiswa.

Ia mengakui kendala sebelumnya ada pada perubahan aplikasi dan perbaikan sistem di kemendikbud sehingga data tidak bisa terkirim. Dana awal bulan Maret sudah bisa tersalurkan akan tetapi belum terkirim.

“Makanya lambat cair tapi sekarang sementara proses dan waktunya itu tidak lama, mungkin beberapa hari ke depan sudah masuk di rekeningnya mahasiswa,” ujarnya.

Demikian, Lukman meminta kepada mahasiswa agar bersabar karena dana tersebut akan segera masuk ke rekening mahasiswa. (ah/ap)

Laporan: Arief Husain

Silakan komentar Anda Disini....