Pemkot Palu Diminta Lebih Perhatikan Kebutuhan Psikologis Gelandangan

  • Bagikan
Sejumlah gelandangan dan pengemis di salah satu sudut kota Palu. Ruas jalan ini kini sudah bersih dari keberadaan gelandangan dan pengemis.(Foto: SatuSulteng.com)

PALU, Kabar Selebes – Pemerintah Kota Palu diminta lebih memberikan edukasi dan pemahaman psikologis terhadap anak-anak atau orang jalanan. Khusus Satuan Pamong Praja (Satpol PP) diharapkan agar menertibkan gelandangan secara manusiawi atau humanis.

Hal demikian diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Palu Komisi A, Mutmainah Korona saat ditemui KabarSelebes.ID di Kantor Sikola Mombine, Kamis (25/03/2021). Dia bilang Satpol PP sudah cukup baik bekerja untuk ketertiban Kota Palu.

“Menegur keras tidak apa-apa hanya saja yang perlu diingatkan lebih secara manusiawi atau humanis, tidak masalah jika menertibkan Kota Palu,” ujarnya.

Menurut Neng, sapaan akrabnya, pemberian edukasi kepada gelandangan harus dilakukan Dinas Sosial dan juga Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Palu bukan hanya memberikan ruang bagi orang jalanan dalam hal ini rumah singgah.

“Pemerintah Kota atau dinas terkait hal ini perlu bergotong royong untuk menuntaskan kasus seperti ini, kita perlu juga memperhatikan hal seperti kebiasaan dari mereka, tentunya kita perlu edukasi terkait psikologis dari mereka karna ini tidak mudah untuk mengolah karakter orang,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Mutmainah mengharapkan agar kasus seperti ini perlu didiskusikan bersama untuk menciptakan Palu yang lebih indah untuk ke depannya. (am/ap)

Laporan : Alsih Marselina

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan