Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Forum TBM Poso Terbentuk

  • Bagikan
Forum TBM Poso usai melaksanakan rapat kordinasi. (Foto: Istimewa)

POSO, Kabar Selebes – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sintuwu Maroso kini telah terbentuk. Forum itu diinisiasi untuk dapat meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah melalui penyelenggaraan berbagai kegiatan non-formal.

“Forum ini melalui aktifitas TBM akan sangat membantu kerja pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Poso melalui akses belajar yang setara,” kata Masirah Siraje, Kepala Bidang Paud dan Pendidikan Non-Formal Dinas P dan K kabupaten Poso saat mengadakan pertemuan pembentukan TBM di ruang pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Poso, Kamis (25/03/2021).

Rapat konsolidasi pembentukan Forum TBM itu dihadiri sejumlah organisasi dan pegiat literasi se-kabupaten Poso di antaranya Komunitas Poso Babaca, Kandepe Topelinja, Poso Study Circle, Language Learning Center, Pukat Tentena, Banua Mpeguru, PKBM Koramil Sekota Poso dan Lage serta tokoh pegiat Literasi Teologi Pdt Juni.

Menurut Masriah, konsolidasi ini merupakan bentuk komitmennya dengan memberikan dukungan secara langsung pada forum yang memiliki anggota hampir lebih dari 15 TBM di seluruh kabupaten Poso.

Senada, Agus Saleh Tampakatu selaku ketua FTBM Sintuwu Maroso mengatakan pihaknya akan turut bersama dalam memperkuat gerakan literasi di Poso dan berjejaring dengan para mitra strategis baik dilevel provinsi dan nasional.

“Kami hadir selama ini karena percaya bahwa literasi, utamanya baca tulis merupakan pondasi dan salah satu jalan keluar dalam menciptakan masyarakat Poso yang berwawasan harmoni, mandiri dan memiliki kecakapan hidup,” ucapnya. (rdn/ap)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan