Even Nasional Festival Budaya 2021 Akan Digelar di Touna

oleh -
Suasana pertemuan BPNB Sulutenggo bersama stakeholder pelaku seni dan budaya di Kabupaten Tojo Una-una, Selasa (30/3/2021). (Foto: Istimewa).

TOUNA, Kabar Selebes – Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah akan menjadi tempat penyelenggaraaan even nasional festival budaya pada bulan September 2021 nanti. Kegiatan ini merupakan respon saat rapat kordinasi (Rakor) Kebudayaan atas usulan proposal tahun 2019, yang didukung penuh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Olehnya, untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, Kepala BPNB wilayah Sulawesi Tengah Utara Gorontalo (Suluttenggo), Apolos Marisan S.Sos bersama sejumlah rombongan melakukan kunjungan di Kantor Dinas Pariwisata Tojo Una-una, Selasa (30/3/2021).

Pertemuan pendahuluan dilakukan untuk mengadakan pembicaraan bersama para stakeholder pemangku kepentingan nilai-nilai budaya di Tojo una-una dari unsur pelaku seni dan budaya.

Pada kesempatan itu disepakati beberapa agenda yang akan meramaikan festival budaya, di antaranya, pementasan seni budaya berbasis tradisi, seminar nasional dari pemateri berlatar sejarah, antropologi dan sosiologi. Turut serta diagendakan pesta kuliner khas Tojo Una-una.

Selain itu, pada festival nanti juga akan diadakan dialog budaya, festival budaya Daerah, dialog interaktif melalui tv lokal radio dan pemutaran film.

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih dua jam itu dihadiri langsung oleh, Mario, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tojo Una-una dan Ketua Dewisnu Fondation Sulawesi Tengah. (shl/ap/fma).

Laporan: Saiful Hulungo.

Silakan komentar Anda Disini....