Silaturahmi dengan Wartawan di Morowali, Danlanal Palu Ajak Bangun Sinergitas

oleh -
Danlanal Palu, Kolonel Marinir Luther Ginting, M.Tr, Hanla., berpose bersama sejumlah wartawan di Kabupaten Morowali, Senin (29/3/2021). (Foto : Ahyar Lani/KabarSelebes.id)

MOROWALI, Kabar Selebes – Bersilaturahmi dengan sejumlah wartawan di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palu, Kolonel Marinir Luther Ginting, M.Tr, Hanla., mengajak membangun sinergitas, Senin (29/3/2021).

“Saya mengajak rekan-rekan wartawan di Morowali untuk membangun sinergitas dengan TNI AL,” ujar Danlanal didampingi Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Morowali, Kapten Ketut.

Ia mengatakan, untuk menindak pelaku destruktif fishing, tenaga kerja asing (TKA) illegal, narkoba, minuman keras atau Miras, dan bahan bakar minyak (BBM) illegal yang melewati jalur laut di Morowali butuh sosialisasi yang lebih luas lagi.

Sehingga, hal tersebut membutuhkan bantuan dan peran media dalam mensosialisasikannya kepada masyarakat secara luas.

Sesuai tugas pokok dan fungsi atau Tupoksi TNI AL, kata dia, akan dilakukan pengawasan lebih efektif dalam meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan instansi terkait.

“Saya mengimbau kepada masyarakat nelayan, agar tidak lagi menggunakan bom ikan,” imbaunya.

Ia mengaku berdasarkan laporan yang diterimanya, destruktif fishing masih marak terjadi.

Apalagi, aktifitas destruktif fishing ini sangat berbahaya.

“Maka kami akan mengundang masyarakat nelayan dan stakehokder terkait, termasuk para wartawan untuk bersosialisasi,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Danlanal juga mengaku akan memperketat pengawasan, khususnya bagi kapal asing dan TKA illegal.

Begitu pula dengan narkoba, Miras, dan BBM illegal yang didistribusikan melalui laut. Semuanya itu, tidak terlepas dari peran aktif Pemerintah Daerah (Pemda) Morowali maupun stakeholder terkait lainnya.

“Mari kita bangun sinergitas secara khusus di wilayah Morowali,” tandasnya. (ahl/rlm/fma)

Laporan : Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....