Tes GeNose Diuji Coba Terbatas di Bandara Mutiara Sis Al-jufri Palu

  • Bagikan
Petugas memeriksa kantong udara berisi napas menggunakan alat GeNose C19 di bandara udara Mutiara Sis Al-jufri Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (10/4/2021). (Foto: Alsih Marselina/kabarSelebes.id).

PALU, Kabar Selebes – Tes GeNose C19 telah diuji coba di bandara Mutiara Sis Al-jufri Palu mulai Jumat (9/4/2021). Alat pendeteksi Covid-19 dengan hembusan napas itu masih diberlakukan secara terbatas.

Petugas Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Adi Wahyudi Amir menuturkan, uji coba akan dilakukan selama 10 hari. Tes setiap harinya hanya dilakukan untuk 10 penumpang atau pelaku perjalanan.

“Untuk para penumpang juga diminta untuk tidak mengkonsumsi makanan, berharap nanti ke depan ketika melakukan GeNose kepada penumpang untuk jujur mengatakan bahwa belum makan sama sekali,” katanya kepada KabarSelebes.id, Sabtu (10/4/2021).

Ia menjelaskan tes GeNose C19 sangat sensitif terhadap aroma apapun. Hanya dalam waktu 5 hingga 7 menit hasilnya sudah dapat diketahui.

Demikian, setelah masa uji coba berakhir, pihak bandara bersama pelayanan kesehatan akan melakukan evaluasi untuk memastikan efektifits dari alat tersebut. (am/ap/fma).

Laporan : Alsih Marselina

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan