Sering Ditemukan Sajam di Blok Tahanan, Kalapas Askari: Itu Kreatif

oleh -
Kalapas Kelas III Parigi, Askari Utomo. (Foto : Roy Lasakka/KabarSelebes.id)

PARIGI MOUTONG, Kabar Selebes – Senjata tajam atau Sajam rakitan milik warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, masih saja ditemukan saat dilakukannya razia gabungan bersama Kepolisian.

“Ya, kalau dibilang, Sajam rakitan yang terbuat dari sikat gigi itu kreatif. Kami akui, Sajam rakitan seperti itu selalu ditemukan saat razia gabungan bersama Kepolisian di blok tahanan,” ujar Kalapas Kelas III Parigi Moutong, Askari Utomo, pada Sabtu (10/4/2021).

Meskipun diakuinya sering menemukan Sajam rakitan buatan warga binaan saat razia, Kalapas Askari, mengatakan para petugas tetap dituntun agar tidak boleh lengah dalam melakukan pengawasan terhadap warga binaan.

Menurutnya, Sajam rakitan itu sangat berbahaya, karena dapat melukai.

Cara membuat Sajam rakitan itu, kata dia, sangat mudah.

Hanya dengan menggosok bagian gagang sikat gigi kelantai hingga berbentuk runcing dan memasang gagangnya dengan cara dibungkus menggunakan kain, Sajam itu sudah dapat digunakan.

“Sajam rakitan itu ditemukan saat razia bersama Kepolisian belum lama ini. Kami juga langsung memusnahkan Sajam itu untuk meminimalisir, agar tidak terjadi lagi,” ucap Kalapas Askari.

Terkait penemuan Sajam rakitan milik warga binaan itu, kata dia, belum mengetahui pasti deliknya, karena masih perlu dipelajari lagi.

Apalagi, Sajam rakitan itu terbuat dari bahan dasar sikat gigi.

“Hingga saat ini, kami terus berupaya untuk mencegah terjadinya perkelahian maupun pertikaian antara warga binaan,” pungkasnya. (ry)

Laporan : Roy Lasakka

Silakan komentar Anda Disini....