BPOM Palu Imbau Warga Teliti Saat Membeli Produk Makanan

  • Bagikan
Sumber : int.

PALU, Kabar Selebes – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengimbau warga untuk teliti saat membeli produk makanan dengan cara mengecek bagian kemasan.

“Hasil investigasi pekan kemarin, BPOM Palu memusnahkan sebanyak 76 jenis makanan. Ada delapan jenis makanan rusak dan ada 68 jenis lainnya Tanpa Izin Edar (TIE),” ujar Kepala BPOM Palu, Fauzi Ferdiansyah, kepada KabarSelebes.id, Senin (12/4/2021).

Dikatakannya, dari segi peraturan tetap, pihaknya mengacu kepada standar expire atau kadar luarsa makanan bisa diperjual belikan.

Menurutnya, sebuah permasalahan yang kerap kali terjadi di lapangan berbeda-beda.

Diantaranya, BPOM Palu pernah mendapatkan sebuah parcel yang di dalamnya terdapat produk yang sudah kadaluarsa.

“Kasus itu kami temukan tahun lalu,” katanya.

Dia mengatakan, BPOM Palu rencananya akan turun kembali bersama lintas sektor terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Kelautan, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Ia berharap, di Bulan Suci Ramadhan masyarakat harus semakin pintar dan teliti melihat expire serta memilih produk yang aman dan bermutu.

“Kalau ada masyarakat yang mendapatkan tulisan yang terhapus pada bagian kemasan makanan, itu mempengaruhi produk makanan atau obat-obatan,” pungkasnya. (am/rlm/fma)

Laporan : Alsih Marselina

Silakan komentar Anda Disini....
  • Bagikan