Dishub Parigi Moutong Targetkan PAD 2021 dari Sektor Parkir

oleh -
Kepala Dishub Parigi Moutong, Arman Maulana. (Foto : Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.id)

PARIGI MOUTONG, Kabar Selebes – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, manargetkan peningkatan Pendapatan Asli Daerah atau PAD di 2021, dari sektor parkir.

“Dari tujuh titik parkir yang sudah beroperasi kemarin, Insya Allah akan kita tingkatkan lagi jumlahnya,” ujar Kepala Dishub Parigi Moutong, Arman Maulana, Senin (12/4/2021).

Ia mengatakan, titik parkir yang akan ditingkatkan nantinya diantaranya pasar, tempat umum, BUMD, BUMN, dan tepi jalan.

Sedangkan, tepi jalan yang menjadi sasaran titik parkir, yaitu di Desa Toboli, Kecamatan Parigi Utara, tepatnya di pusat kuliner lalampa.

“Setiap hari jumlah kendaraan yang melakukan parkir di tepi jalan di pusat kuliner itu cukup tinggi. Sehingga bisa memberikan kotribusi nyata untuk peningkatan PAD Parigi Moutong,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini Dishub Parigi Moutong telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, guna memberikan pemahaman tentang perparkiran agar di kelolah dengan sebaik mungkin di masing-masing wilayah yang memiliki lahan parkir.

Hal ini bertujuan, agar pengelolaan lahan parkir tidak terkesan amburadul, dan teratur serta terurus dengan baik.

“Semua akan kita maksimalkan pengelolaannya maupun penerimanya,” ucapnya.

Dengan begitu, target yang dibebankan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) kepada pihaknya bisa mencapai target, bahkan melebihi.

Olehnya, Dishub Parigi Moutong saat ini telah memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin, bahkan sudah melakukan Road Show ke seluruh kecamatan.

Kegiatan itu, kata dia, dalam rangka mengoptimalisasi penerimaan retribusi dan kontribusi dari sektor parkir untuk menggenjot PAD Parigi Moutong.

Ia juga mengaku telah melakukan upaya penertiban, penarikan parkir, mengaktifkan parkir yang tidak beroperasi sekaligus membuka lahan parkir baru yang berpotensi mendatangkan PAD.

“Khusus parkir liar di Parigi Moutong saat ini masih banyak laporan dari masyarakat. Berdasarkan laporan itu kami segera tertibkan,” pungkasnya. (rkb/rlm)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....