Puting Beliung Terjang Desa Meko, Seorang Warga Ditemukan Meninggal

  • Bagikan
Tampak kondisi salah satu Gereja di Desa Meko, Kecamatan Pamona Barat, yang mengalami kerusakan akibat dihantam puting beliung pada Sabtu (17/4/2021). (Foto : FB)

POSO, Kabar Selebes – Angin puting beliung yang menerjang Desa Meko, Kecamatan Pamona Barat, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, sekitar pukul 17.30 WITA pada Sabtu (17/4/2021), mengakibatkan salah seorang warga setempat yang diketahui bernama Yuni ditemukan meninggal dunia akibat tertumpah reruntuhan bangunan.

“Korban mengalami pendarahan dan sempat dilarikan ke Puskesmas Meko. Tapi tidak bisa tertolong,” ujar salah seorang warga Desa Meko, Oldry (36).

Dia mengatakan, angin puting beliung itu awalnya bergerak dari arah Danau Poso yang kemudian menuju Desa Meko.

Akibatnya, rumah-rumah warga dan salah satu Gereja porak-poranda akibat terjangan angin puting beliung hingga mengakibatkan salah seorang warga meninggal dunia.

“Korban meninggal ini berasal dari Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Korban baru dua pekan berada di Desa Meko, datang berlibur,” katanya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Poso, Musdar, membenarkan bencana angin puting beliung yang menerjang Desa Meko hingga mengakibatkan salah seorang warga meninggal dunia.

Dia mengaku belum memiliki data ril terkait kerusakan yang diakibatkan angin puting beliung di Desa Meko.

Berdasarkan laporan awal yang diterimanya, angin puting beliung yang menerjang Desa Meko mengakibatkan sejumlah bangunan seperti Gereja dan rumah warga mengalami rusak berat.

BPBD Poso, kata dia, juga akan menurunkan satu tim yang berjumlah 12 orang ke Desa Meko untuk melakukan pendataan serta mendistribusikan bantuan bagi warga yang terdampak bencana angin puting beliung.

“Saya sudah menerima informasi dari unsur tripika dan aparat yang ada di Desa Meko. Laporan sementara korban meninggal dunia satu orang dan beberapa bangunan serta rumah warga mengalami kerusakan,” kata Musdar.

Dia menambahkan, mengingat lokasi bencana yang jaraknya cukup jauh dari Kota Poso, sehingga dipastikan seluruh tim yang sudah disiapkan tiba di Desa Meko pada Ahad besok.

Ia berharap, bantuan Pemerintah Daerah (Pemda) Poso secepatnya akan disalurkan jika seluruh data telah terkumpul.

“Pemda siap memberikan bantuan secepatnya,” ucapnya. (rdn/rlm)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Inflasi di Sulteng Capai 0,20 Persen Selama Maret 2021

PALU, Kabar Selebes - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mencatat pada bulan...

Close