Camping di Bulan Ramadan Juga Menyenangkan, Ini Faktanya

  • Bagikan
Camping di pinggiran Sungai Palu di Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Rabu, 21 April.2021. (Foto Yardin Hasan)

SIGI, Kabar Selebes – Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan tetap harus aktif beraktivitas termasuk menyalurkan hobi, seperti camping.

Seperti yang dilakukan sejumlah mahasiswa Palu dan beberapa orang jurnalis. Mereka menikmati alam dengan berkegiatan memperingati Hari Bumi di bantaran Sungai Palu yang bertajuk #gembirabumi, tepatnya di Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu-Kamis 21-22 April 2021.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi jurnalistik lingkungan oleh Sekretaris AJI Kota Palu, Yardin Hasan.

Selepas itu, menjelang sore mereka mulai menyiapkan tempat untuk mendirikan tenda-tenda. Apalagi tenda yang dibawa memang cukup praktis dan hanya butuh beberapa menit saja, sudah siap pakai.

“Perlu memang kita seperti ini sekali-kali. Sekadar menghirup udara segar pedesaan dan mandi di sungai yang airnya dingin namun segar,” kata Yardin.

Menjelang waktu berbuka puasa, sudah siap kue-kue basah yanh dibeli tidak jauh dari lokasi camping. Ditambah kelapa muda, semakin terasa nikmat berbuka puasa di alam bebas.

Direktur Relawan Orang dan Alam (ROA), Muhammad Subarkah mengatakan, dipilihnya bantaran sungai di Desa Pakuli, punya alasan tersendiri.

“Tempatnya masih alami dan cukup jauh dari pemukiman masyarakat. Ini juga untuk menambah kecintaan terhadap lingkungan,” kata Subarkah.

Camping ground tidaklah begitu luas dan memang belum tertata. Sebenarnya ini menjadi potensi ekonomi bagi desa setempat bila dikelola dengan baik. (ptr)

Laporan : Pataruddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Di Momen Hari Kartini, Dwi Prihandini Luncurkan Buku “Kedukaan”

JAKARTA, Kabar Selebes - Tepat di hari Kartini 2021, Direktur Clerry Cleffy Institute Dwi Prihandini...

Close