Peringati Hari Bumi, Peradah Sulteng Tanam Pohon di Tempat Peribadatan

  • Bagikan
Sejumlah pemuda melakukan aksi penanaman pohon di lingkungan pura Prajapati Prajapati atau tempat kremasi mayat di Kota Palu, sulawesi Tengah, Kamis (22/04/2021). (Foto: Adi pranata/KabarSelebes.id).

PALU, KabarSelebes – Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan penanaman pohon di pura Prajapati atau tempat kremasi mayat di Kota Palu, Kamis (22/04/2021) sore. Aksi itu digelar dalam rangka memperingati hari Bumi Internasional yang diperingati setiap tanggal 22 April.

Ketua DPP Peradah Sulteng, Komang Suanayasa menyatakan, pura Prajapati dipilih sebagai tempat penanaman karena tempatnya cukup gersang, masih jarang ditumbuhi pepohonan. Dia bilang ada kurang lebih 300 pohon yang disediakan untuk ditanam di lingkungan tempat peribadatan, mulai dari pohon terambesi dan manohara.

“Kita melakukan penanaman atau penghijauan di hari bumi karena kita sadar bahwa lingkungan harus dijaga. Selain karena kita butuh oksigennya lingkungan itu bersih dan tentunya terhindar dari bencana,” ujarnya.

Tentu nantinya perawatan akan dilakukan agar pohon tumbuh subur dan rindang. Selain di Pura Prajapati, penanaman juga akan dilakukan di Pura Agung Wanakertha Jagadnatha Palu, dan tempat peribadatan di laut masyarakat Hindu kota Palu.

“Nantinya kita akan gerakan (Penanaman) ke seluruh daerah, karena Peradah ada di seluruh daerah hingga tingkat desa dan bisa bekerja sama dengan dinas terkait,” lanjutnya.

Demikian, kegiatan ini diinisiasi untuk mengawali kampanye pentingnya menjaga lingkungan kepada masyarakat setempat. Suana turut mengajak seluruh pemuda khususnya di Sulteng agar peduli terhadap lingkungan di sekitar. Sebab pemuda memiliki waktu lebih banyak untuk menjaga lingkungan tetap asri.

“Ayo pemuda kita lebih aktif bergerak melalui kegiatan-kegiatan positif seperti penghijauan di lingkungan kita termasuk menjaga kebersihan,” demikian Suana. (ap)

 Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan