Pemda Poso Buka Kegiatan Kabupaten Kota Sehat

  • Bagikan

POSO, Kabar Selebes– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso melalui Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan peran serta lintas sektor dalam mewujudkan Kabupaten Kota Sehat sekaligus pembentukan forum kabupaten/kota dan kecamatan sehat, Rabu (28/4/2021).

Hal tersebut sesuai peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VII/2005 tentang penyelenggaraan kabupaten/kota sehat.

Kegiatan yang digelar di Aula Bapelitbangda itu, dibuka secara resmi Bupati Poso, dr. Verna GM Inkiriwang yang di wakili oleh Wakil Bupati Poso, M. Yasin Mangun.

Dikatakan Wabup Poso, bahwa Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan mengamanatkan bahwa pembangunan kesehatan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Pandemi Covid 19 yang belum berakhir telah mengubah banyak pola dan tata kehidupan kota, termasuk perubahan sosial, perekonomian kota, kelestarian lingkungan serta memaksa beradaptasi dengan pandemi hingga memasuki normal baru.

“Olehnya, dengan adanya pandemi ini mampu untuk menyadarkan kita bagaimana merencanakan, merancang, membangun, mengelola dan mengevaluasi kota yang cepat tanggap dan bisa mengantisipasi krisis pandemi dimasa depan,” ujar Wabup Yasin.

tentunya untuk mewujudkan semua itu, lanjut Wabup, diperlukan adanya sasaran program maupun sumber daya manusia melalui rumusan kebijakan program dan kegiatan yang realistik, dengan mengantisipasi perkembangan masa depan berdasarkan kondisi masa lalu dan saat ini.

sementara, Kadis Kesehatan dr. Taufan Karwur menambahkan, bahwa ada beberapa strategi untuk mewujudkan kabupaten/kota sehat. Diantarannya, perlu untuk mensosialisasikan permasalahan dan prospek kesehatan serta kaitannya dengan pembangunan daerah kepada semua pelaku pembangunan, melakukan advokasi konsep kabupaten/kota dan pembangunan berwawasan kesehatan kepada penentu kebijakan, meningkatkan kemitraan dalam rangka kerja sama dan mendapatkan dukungan lintas sektor, lintas program, LSM dan swasta melalui forum kabupaten/kota sehat secara terpadu dan mandiri.

Diketahui, kegiatan tersebut di hadiri perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Poso, Kadis Kesehatan Kabupaten Poso, perwakilan Bappeda Poso, para Camat Poso Kota Bersaudara, Lage serta perwakilan OPD.(rdm)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan