Jelang Operasi Ketupat, Kapolda Sulteng Cek Randis Lalu Lintas

oleh -
Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rakhman Baso, bersama Dirlantas Kombes Pol Kingkin Winisuda dan pejabat lainnya memeriksa satu persatu Randis Lantas di lapangan Apel Polda Sulteng, Sabtu (1/5/2021).(Foto: Humas Polda Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol) Abdul Rakhman Baso, mengecek langsung seluruh kendaraan dinas (Randis) tiga kabupaten terdekat dengan wilayah kota Palu, Sabtu (1/5/2021). Pengecekan kesiapan itu dilakukan jelang operasi khusus Kepolisian dengan sandi Ketupat Tinombala 2021 dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Rakhman Baso memimpin langsung apel kendaraan dinas Direktorat Lalu Lintas, Satuan Lalu Lintas Polres Palu, Sigi dan Polres Donggala di lapangan Apel Polda Sulteng Jalan Soekarno Hatta, kota Palu.  Kapolda yang didampingi Direktur Lalu Lintas Polda Sulteng, Komisaris besar Polisi, (Kombes Pol) Kingkin Winisuda, dan beberapa pejabat utama memeriksa satu persatu kendaraan roda dua, roda empat dan roda enam.

Satu persatu kendaraan dinas dibuka dan diperiksa untuk mengetahui kondisi kendaraan yang akan dipergunakan untuk mendukung pelaksanaan operasi kemanusian Ketupat Tinombala 2021.

Disela-sela pengecekan kendaraan dinas lalu lintas dan kelengkapannya, Kapolda Sulteng berpesan agar semua kendaraan dalam kondisi siap pakai, siap digunakan dan tidak ada alasan berbagai kerusakan sehingga dapat menghambat tugas Operasi nantinya.

“Rawat kendaraan dinas sebagaimana merawat kendaraan pribadi, apabila ada kerusakan segera dilaporkan secara berjenjang untuk dilakukan perbaikan, sehingga kendaraan selalu siap pakai,” pesan dia.

Dia juga meminta agar kendaraan dinas setiap hari dicek kesiapannya, jangan meremehkan tugas, apalagi sampai ada masyarakat yang membutuhkan bantuan pelayanan namun terkendala kondisi kendaraan.

Kabidhumas Polda Sulteng, Kombes Polisi Didik Supranoto mengatakan Polda Sulteng dan jajaran akan menggelar operasi khusus Kepolisian dengan sandi Ketupat Tinombala 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H.

“Hari ini seluruh kendaraan dinas operasional milik Ditlantas Polda Sulteng dan Satlantas Polres Palu, Polres Sigi dan Polres Donggala dihadirkan dalam apel kendaraan dinas sekaligus untuk dilakukan pengecekan,” ujarnya.

Mantan Kapolres Kolaka ini juga menuturkan pengecekan kendaraan dinas lalu lintas dilakukan untuk memastikan kesiapan operasional jajaran Ditlantas Polda Sulteng dalam pelaksanaan operasi kepolisian Ketupat Tinombala 2021 yang akan digelar beberapa hari ke depan.

“Ditlantas Polda Sulteng merupakan fungsi operasional yang dikedepankan dalam pelaksanaan operasi Ketupat Tinombala dibantu satuan operasioal lainnya. Sehingga kesiapan kendaraan untuk menunjang mobilisasi dalam pelaksanaan operasi kemanusiaan perlu dipersiapkan,” tandas Didik.

Dalam pelaksanaan apel kendaraan dinas diikuti 58 unit kendaraan, terdiri milik ditlantas Polda Sulteng 40 unit, Polres Palu 8 unit, Polres Donggala 5 unit dan Polres Sigi 15 unit.  (maf/ap)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini....