KNPI Sigi Rintis Potensi Wisata Bike dan Trail Run di Lembah Palolo

  • Bagikan
Ketua DPD KNPI Sigi, Moh. Ratib Sunusi saat memberi arahan pada rapat penyusunan Timescedule di Salah satu kafe di Sigi, Senin (10/05/2021). (Foto: KNPI Sigi).

SIGI, Kabar Selebes – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesa (KNPI) Kabupaten Sigi pada bulan Juni 2021 mendatang akan menggelar kegiatan Wisata “Bike dan Trail Run” di Lembah Palolo. Kegiatan yang bertajuk wisata lereng Lembah Palolo dengan tema “Napak Tilas Jalan Jepang” ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi lereng di area jalan jepang untuk dijadikan trek/jalur permanen rute bersepeda dan orienteering.

KNPI Sigi dalam hal ini mempercayakan PK KNPI Kecamatan Palolo dan empat Kelompok Pecinta Alam yaitu KPA Binunu, Nonvatu, Vatu Putih dan BAPALA sebagai Organizing Comitte.

Selain Bike dan Trail, panitia juga akan membuat homestay alam yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh peserta dan pengunjung sebagai tempat beristirahat sekaligus menjadi tempat untuk refresing karena panitia akan menyuguhkan beberapa menu pertunjukkan tradisi dan permainan rakyat serta kuliner lokal setempat.

Ketua KNPI Sigi, Ratib Sunusi mengatakan pihaknya dalam periode ini memang fokus pada kegiatan untuk melahirkan sektor wisata baru. Sebab sektor wisata diyakini dapat membuka peluang yang bisa menjadi sumber hidup, misalnya akan ada peluang ekonomi yang tumbuh di daerah sekitarnya.

“Harapan melalui kegiatan ini akan tercipta objek wisata baru di kabupaten Sigi. Kemudian terbukanya peluang kerja bagi masyarakat khususnya pemuda, tersalurkannya minat dan bakat pemuda,” katanya saat memberikan arahan pada rapat penyusunan Timescedule, Senin (10/05/2021).

Yang paling terpenting, lanjut dia, setelah kegiatan ini lahir objek wisata yang dikelola oleh pemuda secara baik.  Intervensi pemerintah daerah tentu sangatlah dibutuhkan, begitupun dukungan pemerintah desa melalui dana desanya. Sektor wisata ini bisa dikembangan untuk meningkatkan PADnya.

Sementara, pada kesempatan yang sama ketua Karateker PK KNPI Kecamatan Palolo,  Moh. Fadlan mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah memberi dampak yang signifikan untuk pemuda palolo dalam mengelola kegiatan. Menurut dia, pihaknya akan banyak mendapat pengalaman baru dalam mengeksekusi kegiatan.

“Tentu kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh DPD KNPI Sigi Khususnya Bung Ketua Ratib Sunusi karena dengan kegiatan ini akan semakin mengeratkan soliditas pemuda Palolo,” ujarnya.

Senada, ketua Majelis Pemuda Indonesia KNPI Kecamatan Palolo, Salman Faris juga sangat berterima kasih kepada DPD KNPI Sigi, karena telah memberi kepercayaan kepada mereka untuk menjadi panitia pelaksana kegiatan wisata lereng ini.

“Kepercayaan ini tentu kami akan menjaganya secara baik dengan berupaya semaksimal mungkin, semua kekuatan kami kerahkan untuk menghasilkan outcam yg diharapkan. Kegiatan ini kami optimis akan sukses sesuai apa yg diharapkan oleh DPD KNPI,” tutur dia.

Demikian, kegiatan nantinya akan dilaksanakan bertepatan dengan hari ulang tahun kabupaten Sigi ke 13  tahun.  Ketua panitia Bung Fahlis mengatakan akan turut meminta partisipasi masyarakat setempat terutama yang desanya nanti menjadi bagian dari rute jelajah bersepeda. (*/ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Bank Mandiri Fokus Kembangkan Digitalisasi Layanan di Tengah Pandemi

PALU, Kabar Selebes - Bank Mandiri saat ini tengah fokus mengembangkan layanan digitalisasi dengan berbagai...

Close