Kolaborasi Komunitas Morowali Akan Gelar Coastal Clean Up di Pulau Sombori

  • Bagikan
Pulau Sombori di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. (Foto: Istimewa).

MOROWALI, Kabar Selebes – Dalam menjaga keindahan pariwisata dan memperkenalkan potensi kawasan wisata Pulau Sombori di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, sejumlah komunitas, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan jurnalis, yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Morowali akan melaksanakan aksi bersih pantai dan laut (coastal clean-up).

Direncanakan kegiatan akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 21-23 Mei 2021 di salah satu kawasan Sombori, Pulau Dongkalan, Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali.

Selain aksi bersih pantai, akan diisi juga dengan kegiatan pemutaran serial film pulau plastik, diskusi atau edukasi publik, jelajah dua danau, hidden lagoon, gua tengkorak, dan lomba antar komunitas.

Ketua Kolaborasi Komunitas Morowali mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan agar masyarakat ke depannya turut peduli menjaga laut dengan tidak membuang sampah di laut.

“Indonesia adalah penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah Cina, dan sebanyak 3.2 juta ton sampah dibuang ke laut setiap tahunnya, sehingga aksi bersih pantai ini bisa menjadi momentum awal untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga laut,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, bahwa kawasan wisata Sombori memiliki beberapa spot yang belum pernah dikunjungi wisatawan.

“Kami juga akan mencoba untuk mengeksplore destinasi wisata yang potensial untuk dijadikan sebagai objek wisata baru di kawasan Sombori,” katanya.

Kegiatan tersebut baru pertama kali dilaksanakan. Mendapat dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, Angkatan Laut, Polairud (Polisi Perairan dan Udara), atlet MMA (Mixed Martial Arts) Adrian Mattheis, dan beberapa selebriti seperti Inul Daratista, Fildan DA, Ciara, Dewi Utara, dan Ricky Cuaca.

Awalnya, kegiatan tersebut dibuka untuk umum. Tapi pihak Pemda Morowali membatasi untuk skala komunitas saja. Sehingga hanya 70 peserta yang akan ikut ambil bagian. (ahl/ap)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Larangan Mudik, Bus AKAP Beralih Fungsi Muat Barang

PALU, Kabar Selebes - Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, pemerintah mengeluarkan aturan larangan mudik pada...

Close