Aksi Solidaritas Masyarakat Touna untuk Palestina

  • Bagikan
Sejumlah massa saat menggelar aksi solidaritas untuk warga palestina di Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, Rabu (19/05/2021). (Foto: Saipul Hulungo/KabarSelebes.id).

TOUNA, Kabar Selebes – Sejumlah organisasi yang tergabung dalam aksi solidaritas untuk Palestina turun ke jalan trans Sulawesi di Kabupaten Tojo Una-una melakukan aksi penggalangan dana, Rabu (19/5/2021). Mereka datang dengan belasan mobil bak terbuka, bahkan ada yang ikut jalan kaki dari objek wisata Malotong sampai di Desa Labuan.

Di sepanjang jalan mereka melakukan orasi, mengecam Israel atas serangannya ke wilayah Palestina yang mengakibatkan banyak korban jiwa .

Koordinator Nasional Untuk Palestina (KNRP) Kabupaten Tojo Una-una, Moh Arfan kepada media ini menegaskan, bahwa aksi ini bentuk kepedulian terhadap saudara di Palestina yang dibombardir oleh Israel serta pencaplokan tanah.

“Ada alasan yang fundamental kami turun melakukan aksi ini, yang pertama adalah kita sebagai muslim aqidah kita sama dengan mereka, mereka adalah saudara saudara kita. Kalau jazad satu terluka maka tubuh yang lain akan terasa sakit,” katanya.

Yang kedua, lanjut dia, Republik Indonesia dalam undang-undang dasar Tahun 1945 menyatakan kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan. Merujuk hal itu pihaknya, kata dia, tidak melihat apa yang terjadi di Palestina menyoal agama, tetapi atas dasar kemanusiaan.

Arfan juga menjelaskan, bahwa aksi penggalangan dana ini sesungguhnya sudah berlangsung dua hari sebelumnya dari rumah ke rumah oleh KNRP dan dibantu oleh kawan-kawan dari ormas yang lain.

“Dan untuk dana yang terkumpul tentunya kami dari Komite Nasional Rakyat Palestina daerah akan menyalurkan ke KNRP pusat,” tuturnya.

Aksi solidaritas masyarakat Touna untuk Palestina ini mendapat pengawalan dari kepolisian sehingga terlaksana dengan baik dan tetap menerapkan protokol kesehatan. (shl/ap)

Laporan: Saipul Hulungo

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan