Pemda Touna Kembali Raih WTP

  • Bagikan
Kepala BPK RI perwakilan Sulteng, Slamet Riyadi saat menyerahkan laporan hasil pemeriksan BPK atas LKPD Touna tahun anggaran 2020 kepada Bupati Touna, Mohammad Lahay, di Kantor BPK Sulawesi Tengah, Jumat (21/5/2021). (Foto: Dok. Pemkab Touna)

TOUNA, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah pada Jumat (21/5/2021) kembali mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Tahun anggaran 2020.

Bupati Tojo Una Una, Mohammad Lahay dalam sambutan tertulisnya menyatakan pemeriksaan laporan keuangan adalah salah satu siklus tahunan dalam penyelenggaraan pemerintahan Daerah. Pemeriksaan bertujuan untuk memberikan pendapat/opini atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan.

“Kami memandang pemeriksaan BPK merupakan kebutuhan bagi kita dan diperlukan dan sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesehatan dalam pengelolaan keuangan di masing-masing Daerah,” katanya.

Pemeriksaan keuangan, lanjut dia, juga harus mendapat perhatian yang serius baik dari Pemerintah daerah, masyarakat maupun media. Sebab hal ini mempunyai andil yang sangat besar dalam mengukur sejauh mana kualitas kinerja akuntabilitas keuangan pemerintah  daerah, dalam pengelolaan pertanggungjawaban APBD.

Di samping itu pula, kewajaran laporan dalam hasil pemeriksaan juga menjadi salah satu kriteria dalam penerimaan alokasi tambahan dari pemerintah pusat khususnya penerimaan dana insentif daerah.

“Olehnya setiap tahun ini membutuhkan keseriusan kita semua untuk terus berbenah dalam rangka tertib pengelolaan keuangan daerah agar berjalan sesuai perundang-undangan,” harap Bupati.

Lanjut, kata Mohammad Lahay, penyerahan Opini merupakan bukti kinerja bahwa pemerintah telah melaksanakan salah satu bagian tugas yang baik. Ini menurut dia juga membuktikan bagaimana jajaran BPK telah memberi bimbingan dan pembinaan pemerintah Daerah.

“Di mana pemeriksaan tidak dimaksudkan hanya untuk mencari cari kesalahan namun lebih dari itu bagaimana pemeriksaan memberikan dampak yang sangat positif dalam proses pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan daerah lebih akuntabel,” jelasnya.

Demikian, Bupati menyatakan keberhasilan Pemda Touna kembali meraih predikat Wtp tentu saja tidak bisa lepas dari kerja sama semua pihak serta peran penting BPK dalam melakukan pembinaan dan keuangan daerah sesuai standar akuntansi pemerintah.

Bupati Touna di akhir sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Kepala perwakilan Tim Auditor LKPD Touna beserta pengendali teknis dan seluruh jajaran pemeriksaan keuangan perwakilan Sulteng atas bimbingan dan kerja samanya.

Acara yang berlangsung di Kantor BPK perwakilan Sulteng, dihadiri Kepala BPK perwakilan Sulteng, Wakil Bupati Touna, Ketua DPRD Touna, dan pimpinan OPD lingkup Pemerintah Daerah setempat. (shl/ap)

Laporan: Saipul Hulungo

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan