Sebut Dana Stimulan Sudah Tersalurkan 96%, Walikota Palu: Tanggal 6 Insya Allah Selesai

  • Bagikan
Hadianto Rasyid, Walikota Palu

PALU, Kabar Selebes – Walikota Palu, Hadianto Rasyid menyebut dana stimulan tahap II lanjutan hingga saat ini telah terdistribusi kepada 96% warga yang terdaftar. Penyaluran, kata dia, sesuai janjinya akan terus dikebut dan bisa segera cair 100 persen.

“Untuk target dana stimulan kita ini sudah pada posisi 96 persen, tanggal enam ini (6 Juni 2021) Insyaallah kita selesai,” katanya kepada KabarSelebes.id, Selasa (01/06/2021).

Dengan begitu, menurut Hadi, penyaluran dana untuk korban bencana gempa 28 September 2018 sudah sesuai janjinya, yakni rampung selama 100 hari masa kerjanya sejak dilantik menjadi Walikota Palu tanggal 26 Februari 2021.

Ia pun mengatakan 100 hari jangan dihitung sejak tanggal 26 dia dilantik. Sebab, menurutnya, satu minggu usai dilantik pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu baru diberi ruang untuk melakukan tahapan validasi agar dana bisa segera tersalurkan.

“Jadi targetnya tanggal enam ini. Tanggal enam insyallah kita selesai,” jelasnya lagi.

Di sisi lain, ia mengatakan untuk saat ini masih ada sebanyak 2.800 sisa data yang anomali. Hal ini disebabkan salah satunya karena warga yang terdata masih berada di wilayah zona merah rawan bencana.

Olehnya, ia menegaskan akan memperbaiki segala data yang ada sebelum tenggat waktu yang diberikan pada bulan Oktober mendatang.

“Artinya kita merampungkan dulu segala pekerjaan yang bisa selesaikan dengan cepat, insyaallah tanggal enam, 100 persen kita distribusikan,” pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan data dari pemerintah Kota Palu, terdapat sebanyak 21 ribu lebih warga yang masuk dalam penerima dana stimulan tahap lanjutan tersebut. Dana untuk warga yang rumahnya rusak berat maupun ringan akibat guncangan gempa itu sebelumnya sudah diberikan kepada 26.000 kepala keluarga. (ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan