Pandemi Covid-19, Bawaslu Sulteng Menginovasi Koperasi Konvensional ke Virtual

  • Bagikan
Kepala Sekretariat Bawaslu Sulawesi Tengah, Anayanthy Sovianita.

PALU, Kabar Selebes – Badai virus corona (covid-19) benar-benar menghantam hampir seluruh sendi-sendi masyarakat, termasuk ekonomi keluarga.

Hampir dua tahun mewabah, memaksa lahirnya berbagai inovasi dan kreatifitas agar bisa bertahan. Salah satunya adalah menginovasi koperasi model konvensional ke virtual.

Hal itu diungkapkan Kepala Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tengah, Anayanthy Sovianita, Minggu (6/6/2021).

“Ini gerakan koperasi virtual pertama di Palu. Namanya Situlus, singkatan dari Koperasi Vitual Bawaslu Sulawesi Tengah. Ini gagasan lama, namun keliatan tetap bisa di update dengan mengubah mindset dari koperasi konvensional menjadi koperasi virtual,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kenapa harus virtual, karena masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas agar bisa terhindar dari serangan corona.

“Ini relevan dengan pandemi yang mengharuskan kita mengurangi berkumpul dan tetap pake masker dan menjaga jarak. Karyawan bisa berbelanja kebutuhan pokok dan pemimjaman tanpa bertemu langsung dengan pengurus  koperasi dan dapat meminjam juga secara virtual,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, konsep koperasi virtual tersebut menjadi yang pertama di Sulawesi Tengah. Sasarannya adalah karyawan dan staf di Sekretariat Badan Bawaslu Provinsi dan kabupaten/kota se Sulawesi Tengah.

Tujuannya dari koperasi Situlus tak lain untuk mensejahterakan karyawan dan staf dan mandiri secara ekonomi.

Nantinya koperasi virtual ini melayani kebutuhan sehari-hari karyawan dan staf Bawaslu Sulawesi Tengah maupun Bawaslu Kabupaten dan Kota, begitupun dengan kebutuhan modal usaha.

“Termasuk untuk membentuk rasa kebersamaan, gotong royong diantara staf juga berkaitan dengan usaha peningkatan ekonomi keluarga. Dan meransang tumbuhnya jiwa enterpreneursip karyawan Bawaslu. Dengan begitu diharapkan mereka bisa mengatasi masalah ekonomi selama masa pandemi,” ujarnya.

Selain itu, koperasi virtual sejalan dengan semakin massifnya penggunaan jaringan internet atau dalam jaringan selama masa pandemi ini.

Bahkan, konsep pendirian ratusan koperasi virtual juga tengah dipersiapkan Kementerian Koperasi dan UKM. Sehingga inovasi koperasi virtual yang akan diluncurkan di Bawaslu Sulteng sejalan dengan rencana pemerintah.

“Pembentukan koperasi vitual ini sangat mendapat respon dari Dinas koperasi, karena Situlus ini terhitung koperasi pertama di Sulawesi Tengah yang dikelola secara vitual,” bebernya.

Untuk menunjang operasional koperasi virtual khususnya unit simpan pinjam, pihaknya menyiapkan ruang khusus untuk kantor koperasi.

Sedangkan untuk unit belanja konsumsi, Bawaslu bekerjasama dengan sejumlah swalayan yang ada di kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah. (nur/abd)

Laporan : Nurlela

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Inilah Inovasi KWT Kasiturusan Birobuli Selatan untuk Wujudkan Ketahanan Pangan saat Pandemi

PALU, Kabar selebes - Pandemi Covid-19 belum ada tanda-tanda berakhir. Ketidakpastian tersebut membawa dampak dalam...

Close