Karyawan CPM Tanam Pohon Cendana di Lokasi Reklamasi

  • Bagikan
Kepala Departemen HSE PT CPM Guntur E Adiwinata, menanam pohon di area reklamasi dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, rabu (9/6/2021).(Foto: Humas CPM)

PALU, Kabar Selebes – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang yang jatuh pada 5 Juni 2021, karyawan PT Citra Palu Minerals (CPM) menanam pohon di lokasi reklamasi di areal operasi CPM, Kelurahan Poboya, Kota Palu, Rabu (9/6/2021).

Penanaman pohon dilakukan secara simbolis oleh Kepala Teknik Tambang (KTT) CPM, Abdul Haris Yusuf dan kemudian diikuti para karyawan lainya di lokasi reklamasi perusahaan.

Pohon yang ditanam beragam, mulai dari trambesi hingga pohon cendana yang menjadi ikon Sulawesi Tengah.

Manager Departemen Health, Safety, Environment (HSE) PT CPM, Guntur E Adiwinata mengatakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini konsepnya pemulihan eksosistem, salah satunya berupa reklamasi dan rehabilitasi.

“Jadi tahun 2021-2030 itu konsepnya restorasi ekosistem untuk pemulihan alam, agar ekosistem flora dan fauna itu seimbang dengan kehidupan manusia. Karena ekosistem itu tidak hanya tanaman tapi juga manusia,” kata Guntur.

Guntur juga mengatakan berdasarkan literatur dan informasi dari berbagai ahli, yang menyebutkan bahwa dalam sepuluh tahun kedepan merupakan periode terpenting yang diperlukan untuk mencegah bencana akibat perubahan iklim, serta untuk menjaga keanegaraman hayati.

hari  ini pohon yang ditanam di area rekalamasi CPM sebanyak 50 pohon. Selanjutnya penanaman pohon akan lebih masif dilakukan di area reklamasi dan rehabilitasi.

Penanaman yang melibatkan para karyawan PT CPM ini diharapkan agar tidak hanya peduli lingkungan di perusahaan namun juga peduli terhadap lingkungan sekitar seperti di lingkungan rumah masing-masing.

Lanjut Guntur, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini PT CPM tidak hanya melakukan aksi tanam pohon namun juga menggelar sejumlah kegiatan lainya seperti lomba pemanfaatan limbah, lomba daur ulang sampah, serta sejumlah lomba lainya yang berkaitan dengan lingkungan hidup.(*/chn/abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan