Ikuti Ajang ADWI 2021, Sandiaga Uno: Geopark Rammang Rammang Kenalkan Indonesia ke Dunia

  • Bagikan
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Ramang-Ramang di Sulawesi Selatan dalam Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. (Foto: Dok. Desa Wisata)

Sandiaga berharap, semua itu bermuara pada upaya membangkitkan ekonomi desa wisata. Banyaknya peluang menghadirkan wisatawan baik lokal maupun internasional akan menaikkan pendapatan warga desa wisata.

“Bagi kami ini adalah pemerataan ekonomi yang tidak tersentuh langsung oleh program pembangunan nasional yang sedang berjalan,” tegas Sandiaga Uno.

Diketahui objek wisata Ramang Ramang adalah gugusan karst atau pegunungan kapur. Di seluruh dunia hanya ada tiga lokasi yang memiliki bentangan karst yang cukup luas, ya tentu salah satunya di Maros ini. Dua lainnya berada di China Selatan dan Vietnam. Gugusan karts Ramang Ramang ini adalah pegunungan kapur terluas kedua setelah China.

Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO telah mengajukan secara resmi Geopark Nasional Maros-Pangkep sebagai kandidat Global Geopark Indonesia.  

Pengajuan dialamatkan kepada Sekertariat UNESCO di Paris seperti tertuang dalam surat 66600/A6/KS/2020 ditandatangi Executive Chairman for Indonesia Nasional Commision for UNESCO Prof Arief Rachman.

Sebelumnya, Geopark Ramang Ramang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada November 2017. (*/ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan