Dinas Kominfo Morowali Gelar Diskusi Desain Publikasi Pembangunan

  • Bagikan
Wakil Bupati Morowali, Najamudin menghadiri kegiatan Diskusi Desain Publikasi Pembangunan Kabupaten Morowali di ruang Press Room pada Kamis (17/6/2021).(Foto: Kominfo Morowali)

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaksanakan kegiatan Diskusi Desain Publikasi Pembangunan Kabupaten Morowali di ruang Press Room pada Kamis (17/6/2021).

Kegiatan dipimpin Wakil Bupati Morowali, Najamudin, dan dihadiri Kepala Dinas Kominfo Bachtiar Peohoa, Sekretaris Dinas Kary Marunduh, para kepala bidang dan seksi, serta staf dan wartawan.

Dalam sambutannya, Bachtiar menyampaikan, bahwa peningkatan tipologi dinas sangat penting dalam rangka mendukung program nasional yaitu program Satu Data Indonesia (SDI).

Program ini merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagikan antar instansi pusat serta daerah.

Dijelaskannya, kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Seperti diketahui, bahwa Dinas Kominfo sendiri masih berstatus tipologi C yang terdiri dari dua bidang, diantaranya bidang informasi dan komunikasi publik serta bidang E-government.

“Peningkatan status dinas dari tipe C ke tipe B sangat penting untuk menunjang pelayanan masyarakat dengan menambah 3 bidang di dinas kominfo yaitu bidang statistik dan persandian,” sebutnya.

Ia menambahkan, diperlukan dukungan penuh untuk mewujudkan pelayanan maksimal dalam tugas, pokok dan fungsi dari dinas kominfo. Sesuai dengan tema diskusi yaitu Desain Publikasi Pembangunan Kabupaten Morowali, dalam hal ini adalah pelayanan informasi dan komunikasi kepada masyarakat.

“Olehnya kami membutuhkan dukungan dari bupati dan wakil bupati demi membangun daerah Morowali melalui peningkatan dari berbagai aspek di dinas kominfo, salah satunya penyediaan informasi dan komunikasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Najamudin mengatakan, bahwa diskusi harus memberikan semangat terhadap jajaran dinas kominfo untuk membaca kebutuhan masyarakat melalui potensi yang dimiliki Morowali.

Ia menyebutkan, segala potensi daerah harus terpublikasi dengan baik kepada khalayak, agar Morowali semakin dikenal baik di seluruh masyarakat.

“Morowali ini memiliki banyak keunggulan di berbagai sektor, salah satunya adalah Morowali merupakan daerah industri. Di era 4.0 ini, mari kita manfaatkan seluruh kekuatan yang ada untuk menyediakan informasi dan mengembangkan informasi terkait kemajuan dan pembangunan di Morowali,” ungkapnya.

Najamudin kemudian menyatakan dukungannya terhadap pengembangan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya dinas kominfo. Termasuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), serta infrastruktur pendukung dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (*/ahl/abd)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan