Kurangnya Pemahaman Membuat Capaian Vaksin Lansia di Kota Palu Baru 14 %

  • Bagikan
dr. Husaema, kepala Dinas Kesehatan Kota Palu.(Foto: Indrawati/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Dinas Kesehatan Kota Palu menyebut vaksin Covid-19 bagi lanjut usia (lansia) belum sesuai target yang diharapkan. Capaian vaksin covid-19 untuk lansia di Kota Palu saat ini baru mencapai 14 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu dr. Husaema mengakui hal itu.

“Seandainya lansia bisa kita angkat dari 14 persen maka untuk tahap pertama dan kedua ini kita sudah bisa mencapai 80 sesuai target kita,” kata Husaema Jumat (17/6/2021).

Husaema menjelaskan, saat ini vaksinasi Covid-19 sudah melibatkan semua unsur profesi kesehatan dan ikut ambil bagian dalam memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus melawan hoaks terkait vaksin.

Dengan demikian dengan terlibatnya seluruh profesi kesehatan dapat menyukseskan vaksinasi, utamanya bagi kelompok lansia.

Selain itu dengan terlibatnya seluruh profesi kesehatan untuk menyosialisasikan vaksinasi Covid -19 masyarakat bisa lebih memahami manfaat vaksinasi Covid-19. 

“Kami juga berharap dengan adanya vaksin ranger dan duta vaksin, vaksinasi bisa mencapai 80 persen kalau lansia kita bisa angkat,” tutur Husaema.

Ia menambahkan bahwa salah satu alasan rendahnya capaian vaksinasi saat ini adalah kurangnya pemahaman lansia terkait manfaat vansinasi Covid -19.

“Saya juga menargetkan di organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) satu dokter 10 orang, Jadi kalau 100 dokter berarti bisa dapat 1000 orang. Mudah-mudahan profesi lain bisa seperti itu, akhirnya kita bisa mencapai nanti lansia yang memenuhi syarat untuk divaksin,” pungkasnya. (iz/abd)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan