Terpilih Aklamasi , Anwar Hafid Jadi Calon Ketua DPD Demokrat Sulteng Periode 2021 – 2025

  • Bagikan
Kepala BPOKK Herman Khaeron bersama Anwar Hafid beserta 13 Ketua DPC dan kader Demokrat, saat pembukaan Musda ke lV, di Hotel & Caffe D' Kalora,Kabupaten Sigi, Kamis(24/6/2021). (Foto: Mohammad. Arief/kabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Anwar Hafid yang kini merupakan anggota Komisi ll DPR RI, kembali terpilih secara aklamasi menjadi calon ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Tengah periode 2021- 2025, pada  musyawarah daerah (Musda) IV di Hotel & Caffe D’Kalora kabupaten Sigi, Kamis (24/6/2021).

Hasil musda ini, akan dibawa ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat untuk mengikuti tahapan selanjutnya yakni uji kelayakan atau kepatutan (fit and proper test) oleh ketua Umum, sekjen dan kepala BPOKK di DPP.

Pada pembukaan Musda lV Partai Demokrat Sulteng, Anwar Hafid menuturkan selama 10 tahun memimpin Partai Demokrat, tentunya perlu dievaluasi lagi ke depannya sehingga akan lebih baik.

“Momentum Musda ini merupakan hal yang biasa dan demokratis. Olehnya itu melalui momentum Musda ini, agar kedepannya bisa memperbaiki manajemen tatakelola Demokrat di Sulteng agar kembali berjaya,” tuturnya.

Anwar Hafid juga berpesan, meski belum lama ini sempat terjadi gelombang terhadap partai itu, karena adanya kesetian yang mendasar menjadi hal utama dalam berpartai untuk terus membesarkan Demokrat.

 “Sehingga diharapkan kepada seluruh kader Demokrat untuk terus setia pada partai Demokrat, bukan setia terhadap person saja,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron menyebutkan mekanisme di partai Demokrat, dimana musda hanya maksimal tiga nama.

Jika di Musda Sulteng hanya menghasilkan  satu nama, inilah  yang bakal menjadi calon yang telah diusulkan dari hasil Musda Sulteng, yang  tentunya akan melewati proses fit and proper test di DPP setelah itu nanti akan melahirkan penetapan.

“Nah apakah mutlak setelah Musda ini akan terpilih sebagai ketetapan, ya nanti kita lihat lagi tahapannya,” katanya.

Namun, Herman menuturkan apa yang telah diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (ADRT) serta peraturan organisasi partai Demokrat, tentu inilah mekanisme yang telah dilaksanakan.

Dimana proses demokrasi telah berlangsung secara terbuka, mulai dari  proses pengambilan formulir, pendaftaran hingga pelaksanaan Musda.

Setelah Musda ini, Herman menyebutkan akan dilaksanakan Muscab serentak di Provinsi Sulawesi Tengah. Kemudian, akan ada pelantikan.

“Harapannya, hal  ini bisa menjadi jangkar elektabilitas.Karena jika jaringannya kuat, kemudian magnet di pusat menjadi naik hal ini juga bisa menambah kekuatan jangkar elektoral,” tandasnya.

Selanjutnya, ditanya jika Anwar Hafid tidak lolos pada hasil fit and proper test. Herman, menjawab setelah melalui proses penggodokan di Musda ini harapanya  Anwar Hafid bisa layak.

“Dalam Musda kali ini, semoga bisa memperkuat jangkar elektoral dengan filosofi melakukan rekonsoliasi dan konsolidasi. Sehingga akan memperkuat akar rumput,partai Demokrat. Semoga 2024 nanti ,kami bisa memenangkan pileg, pilpres dan pilkada serentak,” harapnya.

Pada pembukaan Musda ke IV Demokrat Sulteng, Sekjen DPP Demokrat Teuku Riefky Harsya turut memberikan sambutan secara virtual, selanjutnya di buka langsung oleh Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat Herman Khaeron dengan ditandai pemukulan gong.

Seluruh kader Demokrat dan tamu undangan lainnya, juga tetap mengikuti protokol kesehatan. Bahkan, diwajibkan bagi setiap orang harus memeriksa SWAB anti gen yang telah disiapkan oleh panitia Musda ke lV Demokrat Sulteng. Selain itu, proses pembukaan hingga berjalannya Musda pihak Kepolisian Resor Kabupaten Sigi terus bersiaga di sekitar lokasi Musda. (maf)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Ratusan Karyawan CPM Ikuti Vaksinasi Covid-19

PALU, Kabar Selebes - PT Citra Palu Minerals (CPM) mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama...

Close