Gubernur Sulteng Alokasikan Anggaran 12 Miliar untuk Pembayaran Lokasi Huntap Petobo

  • Bagikan
Suasana Rapat Kooridinasi (rakor) kegiatan teknis rehabilitasi dab rekontruksi damoak bencana tahun 2018, secara virtual pada Kamis (24/6/2021). (Foto : Humas Pemprov Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdi Mastura menyetujui permintaan Walikota Palu Hadiyanto Rasyid untuk mengalokasikan anggaran pembayaran lokasi hunian tetap (Huntap) Petobo, sebesar Rp.12 Miliar.

Selain itu, gubernur juga telah menyetujui alokasi dana pembangunan kembali Jembatan M IV Palu sebesar Rp 10 Miliar.

Hal itu disampaikan Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan, Bunga Elim Somba, saat mengikuti rakor kegiatan teknis rehabilitasi dab rekontruksi damoak bencana tahun 2018, secara virtual pada Kamis (24/6/2021).

Rakor tersebut dihadiri Ketua Satgas PUPR Dr. Arie Sutiadi, para Kepala Balai Kementrian  PUPR, bupati dan Walikota Palu.

“Gubernur sudah melakukan pertemuan dengan Walikota Palu tentang proses penyelesaian rehabilitas dampak bencana di Kota Palu. Saat itu gubernur sudah menyetujui alokasi anggaran untuk pembayaran lokasi Hutap Petobo Rp. 12 M dan untuk lokasi pembangunan jembatan IV Palu sebesar Rp 10 M,” ucap Elim Somba.

Menurut Elim Somba, dalam waktu dekat,  gubernur akan melakukan rapat Bupati Sigi, Bupati Donggala dan Walikota Palu untuk mengetahui apa kendala yang dihadapi tiga daerah tersebut supaya segera di eksekusi.

“Gubernur berharap penyesaian dampak bencana bisa selesai akhir tahun 2021,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Elim Somba juga menyampaikan empat kebijakan trategis yang mendesak untuk segera diselesaikan oleh gubernur.

Pertama, penanganan pandemi covid-19. Kemudian, percepatan rehabilitasi dan rekontruksi damoak bencana, percepatan penyelesaian kelompok MIT Poso dan pembangunan Infrastruktur yang mendukung Sulawesi tengah Corporation.

Pada rapat tersebut Ketua Satgas PUPR, Dr. Arie Sutuadi menyampaikan, bahwa perpanjangan Inpres tentang rehabilitasi dan rekontruksi masih dalam proses di Pusat.

Dan koordiansi penyelesaian kendala yang ada supaya dapat dicari solusinya. Para bupati dan walikota diharapkan mempercepat Validasi data tentang WTB yang akan direlokasi baik di Kota Palu, Sigi dan Donggala. (nur)

Laporan : Nurlela

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan