Kapopo Bikepark, Arena Sepeda Gunung Paling Lengkap di Sulteng

  • Bagikan
Komunitas sepeda di Palu yang menggunakan jalur Kapopo Bikepark sebagai tempat latihan.(Foto: Istimewa)

PALU, Kabar Selebes – Olahraga bersepeda makin digandrungi oleh masyarakat. Di era pandemi ini, olahraga sepeda menjadi pilihan masyarakat guna menjaga kebugaran.

Di Kota Palu sendiri, minat masyarakat terhadap olahraga sepeda lumayan tinggi. Mulai dari sepeda santai di jalan raya dengan menggunakan ragam sepeda, hingga road bike bahkan mountain bike (MTB).

Khusus MTB, beberapa arena sepeda gunung kerap menjadi pilihan. Seperti arena enduro dan cross country di Batambaya, yang letaknya di ketinggian Silae, Kecamatan Ulujadi. Juga ada arena sepeda cross country dan adventure di pegunungan Mantikulore dan Palu Timur.

Namun, tahu kah anda bahwa arena sepeda gunung terlengkap itu justru berada di kawasan Penghijauan Bukit Soeharto, Taman Hutan Raya (Tahura) Kapopo, Desa Ngatabaru Kabupaten Sigi?

Gate start Kapopo Bikepark. (Foto:Abdee Mari/KabarSelebes.ID)

Benar, arena sepeda ini diberi nama Kapopo Bikepark. Arena ini dibangun oleh komunitas sepeda Palu Grafity dan Journalist Itu Bike (Joutube) bekerjasama dengan Roa Indo Komunika yang secara resmi mendapat restu dari UPTD Tahura.

Kenapa disebut paling lengkap di Sulteng? Ya, Kapopo Bikepark ini memiliki semua jalur sepeda, mulai dari enduro, cross country bahkan jalur down hill.

Untuk jalur enduro ditargetkan akan dibuat 3 jalur  yakni special stage (SS)-1 bersifat beginner (jalur pemula), SS-2 bersifat intermediate (jalur hobby) dan SS-3 bersifat pro (jalur prestasi).

Beberapa pesepeda melakukan jampingan di salah satu arena Kapopo Bikepark.(Foto kolase : Abdee Mari/KabarSelebes.ID)

Pertama, jalur enduro SS-2  tersedia dengan panjang 1.58 KM dengan elevasi atau ketinggian maksimum  304 mdpl serta elevasi minimum 198 mdpl dan elevasi rata-rata 106 mdpl.

“Jalur SS-1 dan SS-2 sudah bisa digunakan dan saat ini sudah dijadikan tempat latihan. Sementara jalur SS-3 sedang dalam pengerjaan tim builder,” kata Bayu Krismanto, tim builder Palu Grafity Selasa (7/6/2021) saat ditemui di Pap’s Bike Station Jalan Tg Dako Palu.

Sementara jalur cross country (XC) sudah dibangun dengan panjang 2 KM dengan elevasi maksimum 318 mdpl dan levasi minimum 269 mdpl dengan elevasi rata-rata 49mdpl.

Rute SS-2 di Kapopo Bikepark.(Foto: Palu Grafity)

“Untuk jalur XC ditargetkan akan dibuat sepanjang 4-5km/lap-nya dengan karakteristik rute technical, single track, rock garden dan endurance,” kata Bayu.

Dia berharap, arena Kapopo Bikepark ini bisa dijadikan tempat untuk mengasah bakat bersepeda bagi penggemar sepeda gunung. Juga bisa dijadikan lokasi latihan untuk atlet sepeda khususnya Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Rute jalur cross coutry (XC) (Foto: Palu Grafity)

Menurut Andi Kaimuddin dari Roa Indo Komunika, dibangunnya Kapopo Bikepark ini bermula dari tingginya minat masyarakat akan olahraga sepeda gunung. Sehingga dipilihlah area Kapopo ini untuk dijadikan arena dengan tujuan agar bisa mengembangkan sektor pariwisata.

“Dengan prospek pariwisata dan olahraga inilah maka kami membangun kerjasama dengan pihak UPTD Tahura agar Kapopo yang sudah mulai sepi dari kunjungan warga bisa kembali ramai,” jelas Andi Kaie  – sapaan akrabnya belum lama ini.(abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Lima Kelurahan di Palu Zona Merah Covid-19!

PALU, Kabar Selebes - Lima kelurahan di Kota Palu masuk dalam kategori  zona merah. Ke...

Close