Kelurahan Kabonena Bersiap menjadi ‘Kampung Ikan’

  • Bagikan
Lurah Kabonena, Kecamatan Ulujadi Putra Maharandha Airlangga S. ST, MH.

PALU, Kabar Selebes – Untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat di wilayahnya, saat ini Kelurahan Kabonena, Kecamatan Ulujadi telah mencanangkan program ‘Kampung Ikan’. Hal ini mengacu pada program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Program ‘Kampung Ikan’ itu  sendiri merupakan bentuk pengembangan berbagai jenis komoditas tertentu di suatu desa atau daerah tertentu diyakini juga bisa meningkatkan kesejahteraan di sebuah kawasan perdesaan.

Menurut Lurah Kabonena Putra Maharandha Airlangga,  wilayahnya sangat berpotensi dijadikan ‘Kampung Ikan’ karena banyaknya kelompok budidaya ikan. Ditambah ada ratusan kolam ikan yang sudah memiliki pasar yaitu beberapa rumah makan yang ada di kelurahan Kabonena, sehingga pentingnya untuk dikembangkan secara meluas.

Berdasarkan koordinasi  dengan penyuluh perikanan kelurahan Kabonena ternyata volume ikan yang ada belum dapat memenuhi kebutuhan konsumen, maka dari itu bersama penyuluh perikanan serta kelompok budidaya ikan.

“Saat ini kami sedang dalam upaya peningkatan volume pada saat panen dengan cara melakukan budidaya teknologi modern yaitu dengan sistem bioflok. Mengingat budidaya ikan saat ini mayoritas masih dengan sistem tradisional kolam tanah, ” terangnya.

Namun dalam kerangka panjang, kata Putra untuk melahirkan kampung ikan ini tentu bukan hanya terkait peningkatan volume panen para pebudidaya, namun ada ide lainnya yaitu dengan membuka pasar ikan air tawar segar dan juga pengebangan sektor pariwisata.

“Kenapa kami optimistis dengan pasar ikan air tawar segar, mengingat bahwa rumah makan yang menjadi target pasar pebudidaya hanya mengambil ikan 50 Kg ke atas, sehingga kita perlu memikirkan strategi lain untuk menopang upaya kesejahtraan bagi pebudidaya yang hasil panennya tidak sampai 50 Kg, ” jelasnya.

Selanjutnya kata Putra, kerangka panjang dari segi wisata, pihak kelurahan juga memikirkan untuk bisa menciptakan tempat pemancingan ikan air tawar yang mana orang yang datang memancing bisa sekaligus membeli ikan hasil pancingannya ataupun bisa dikonsumsi langsung di tempat pemancingan tersebut.

Tentu upaya ini dilakukan bukan hanya menimbang sudut pandang pariwisata namun untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dan juga dapat membantu kestabilan ekonomi masyarakat.

“Program ‘Kampung Ikan’ ini, diharapkan dapat menjadi fokus suatu kawasan dalam meningkatkan kinerja sektor perikanan nasional.Dan bisa dilakoni dari berbagai masyarakat umum serta dapat mengangkat kearifan lokal,” tandasnya. (maf)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan
Read previous post:
Pasien Covid 19 Meningkat, Bupati Poso Minta Masyarakat Patuhi PPKM Mandiri

POSO, Kabar Selebes- Bupati Poso, Verna Inkiriwang mengimbau seluruh warga masyarakat untuk mematuhi dengan sungguh-sungguh...

Close