Mendagri : 90 Persen Perusda Hanya Membebani APBD, Gubernur Cudy : Di Sulteng akan Jadi in-Corporate

  • Bagikan
Live Talk Show secara virtual melalui RRI Tolitoli bersama Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdi Mastura, Senin (12/7/2021).(Foto: Biro Adpim)

PALU, Kabar Selebes – Berdasarkan kajian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) hampir 90 persen perusahaan daerah (Perusda) hanya membebani Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Hal itu terungkat dalam Live Talk Show secara virtual melalui RRI Tolitoli bersama Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdi Mastura, Senin (12/7/2021).

Menanggapi hal tersebut, Rusdi Mastura menyampaikan, dalam kepemimpinannya akan memberikan peran kepada Perusda kedepan akan membuat Sulteng In-corporate.

Untuk mewudujkan itu, Perusda harus dikelola orang -orang yang profesional dan memiliki jiwa Entrepeneurship dan manajerial yang mumpuni.

“Saya sudah menunjuk pihak yang memiliki kompotensi dan profesional untuk memimpin perusahaan daerah. Harapan saya perusahan daerah kita menjadi Holding,” kata Rusdi Mastura.

Rusdi Mastura menyampaikan, Holding Perusda kedepan akan bergerak di bidang tambang nikel, tambang mas, tambang migas, batu bara, Agro, perikanan dan kelautan dan tambak udang.

Kedepan perusahaan tersebut diharapkan bisa berkalaborasi dengan Perusda Kabupaten dan Kota untuk memaksimalkan potensi daerah. Dengan harapan ada keuntungan untuk

mensejahtrakan masyarakat melalui program pemerintah.

“Kita harus berikan kesempatan kepada perusahaan daerah untuk memiliki IUP Tambang. Masa tidak ada perusahaan daerah kita yang memiliki IUP,” ujarnya. (nur)

Laporan : Nurlela

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan