Kepala BNPT Berharap Satgas Madago Raya Segera Tuntaskan Sisa Teroris Poso

  • Bagikan
Sebelah kiri Irjen Pol Boy Rafli sebelah kanan Kapolda Sulteng Irjen Abdul Rahkman Baso saat melakukan Konferensi Pers di Loby Polda Sulteng, Senin (26/7/21) (Foto: Alsih Marselina)

PALU, Kabar Selebes – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen Pol. Boy Rafli mengapresiasi Satgas Madago Raya. Dalam rangka kunjungan kerjanya  ke Polda Sulawesi Tengah, Senin (26/7/21) Boy Rafli menyebut prestasi Satgas Madago Raya dalam melumpuhkan para teroris patut diapresiasi.

“Tiga di antaranya berhasil dilumpuhkan, tentunya ini menjadi prestasi Satgas Madago Raya yang patut diapresiasi,” ujar Boy Rafli, didampingi Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rakhman Baso.

Boy Rafli juga mengharapkan kedepan operasi Satgas Madago Raya agar secepatnya dapat menuntaskan Sisa DPO Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Selain itu, Pihak BNPT juga memiliki Program deradikalisasi dan kontraderadikalisasi yang telah dijalankan selama bertahun-tahun.

Sebab kata Boy Rafli, program deradikalisasi ini program berkelanjutan, terutama kepada para mantan Napiter.

“Kita memiliki beberapa mitra deradikalisasi Poso dan juga Tentena ini  merupakan bagian yang harus dimaintanance atau pemeliharaan untuk kedepannya,” kata Boy Rafli.

Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rahkman Baso menyampaikan belum tuntasnya DPO Poso dikarenakan akses medan yang berat serta selain itu masih adanya simpatisan terhadap DPO MIT.

“Permasalahan mendasar ini bagaimana para simpatisan tidak berpihak kepada mereka. Paling kalau mau cepat selesai tidak adanya simpatisan,” ungkap Abdul Rahkman Baso.

Sampai saat ini pihaknya sudah melaksanakan penegakan hukum, mulai dengan mengimbau DPO MIT untuk menyerahkan diri, sehingga bisa menyerahkan diri.

“Meskipun DPO sisa enam orang tapi masalah belum selesai, seperti adanya pemahaman radikalisme, Sosial ekonomi dan banyaknya simpatisan,” tandasnya.

Untuk itu, Kapolda Sulteng sangat optimistis untuk segera menuntaskan sisah DPO MIT Poso dan memohon doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat Sulteng. (am)

Laporan : Alsih Marselina

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan