Sejumlah Jurnalis di Palu Terpapar Covid-19, Tiga Organisasi Pers Langsung Buat Posko

  • Bagikan
Sejumlah jurnalis di Palu membuka posko untuk menanggulangi para jurnalis lain yang terpapar covid-19.(Foto: Dok)

PALU, Kabar Selebes – Penyebaran covid-19 di Kota Palu makin mengkhawatirkan. Perkembangan penyebaran virus itu menunjukkan tren meningkat. Ratusan warga terpapar dalam satu hari, termasuk sejumlah jurnalis dan tenaga kesehatan.

Hingga hari ini Kamis (29/7/2021) jumlah jurnalis di Palu yang terpapar covid-19 sudah 10 orang. Rata-rata jurnalis yang terpapar itu merasakan gejala yang sama, yaitu demam tinggi disertai flu dan batuk. Bahkan, ada yang terpaksa harus dibantu dengan oksigen karena mengalami sesak nafas.  

Para jurnalis ini terpapar bersama keluarga mereka di rumah sehingga harus menjalani isolasi mandiri di rumah.

Melihat kondisi ini sejumlah jurnalis lainnya yang tergabung dalam Rumah Jurnalis dari tiga lembaga pers yaitu AJI Palu, IJTI Sulteng dan PFI Palu langsung membentuk posko.

Mereka bergerak cepat untuk membantu kawan-kawan mereka yang terpapar, mulai dari menyediakan ambulance, membawa ke rumah sakit untuk di swab serta menyiapkan obat-obatan dan makanan.

“Semua upaya ini sebagai bentuk empati kami sesame profesi agar kawan-kawan bisa menjalani isolasi mandiri dengan tenang,” kata Herry Susanto, sekretaris IJTI Sulteng.

Menurut Herry, saat ada jurnalis yang terkonfirmasi positif covid-19, seluruh jurnalis yang tidak terpapar berupaya mengumpulkan bantuan berupa uang serta obat-obatan.

“Yang paling mendesak adalah alat rapid antigen serta oksigen, mengingat kawan-kawan yang bergejala langsung di-rapidtest serta kawan-kawan yang sedang menjalani isoman bersama keluarga juga membutuhkan oksigen,” lanjutnya.

Saat ini Posko Jurnalis ini Donasi membuka donasi seluas-luasnya bagi masyarakat yang bisa dalam bentuk uang tunai, kebutuhan/perlengkapan bayi, susu, buah, dan vitamin.

Donasi/bantuan bisa menghubungi Heri Susanto : 082190449651 atau Bisa langsung transfer di Nomor Rekening : 1510013107476/Mandiri/Rangga Musabar (sertakan bukti transfer).(abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan