Desandrea, Tempuh 70 Kilometer Bawa Paket Isoman ke Posko Roa Jaga Roa

  • Bagikan
Desandrea (kiri) di Posko Roa Jaga Roa, Kota Palu. (Dok. Roa Jaga Roa)

PALU, Kabar Selebes – Di tengah menanjaknya angka penderita corona virus disease (covid-19) di Kota.Palu dan daerah-daerah lainnya di Sulawesi Tengah, ada seorang pemuda rela menempuh perjalanan panjang membawa paket bagi warga yang harus isolasi mandiri ke Posko Relawan Covid-19 Roa Jaga Roa, di Kota Palu.

Desandrea (21), seorang pemuda di desa paling ujung Kabupaten Sigi ini patut diacungi jempol sebanyak-banyaknya.

Bagaimana tidak, rasa ingin membantu pasien isolasi mandiri (isoman) yang ditangani Posko Relawan Covid-19 Roa Jaga Roa di Kota Palu, Desandrea harus menempuh 70 kilometer sekali jalan dengan sepeda motor matic.

“Niat saya ingin membantu bukan mencari keuntungan,” kata Desandrea, Selasa sore, 10 Agustus 2021 di Posko Roa Jaga Roa, Komplek Radio Nebula, Kota Palu. Sekali jalan bawa 20 paket isoma dengan harga sama seperti warung yang menjadi vendor di Kota Palu

Warungnya diberi nama Warung Widya. Mulai buka baru sepekan lalu setelah Desandrea berhenti bekerja dari sebuah warung makan di Kota Palu karena ibunya sakit. Dia memilih pulang kampung untuk merawat ibunya. Dari situlah muncul keinginan membuka warung makan tentunya berbekal pengalaman yang dipunyai.

Desandrea mengaku mengetahui adanya Posko Relawan Covid-19 Roa Jaga Roa itu dari postingan di facebook. Dia mencari tahu dan mulai berkomunikasi melalui massanger kepada salah seorang relawan, Joshua Marunduh.

Setelah sepakat, Desandrea pun mulai menyiapkan bahan untuk menyiapkan menu dan mulai mengantar pada Selasa, 10 Agustus.

Dia bercerita untuk paket makan siang, dia sudah persiapkan sejak malam. Pagi dipanaskan lalu dibungkus. Selesai dikemas, sekitar pukul 08.00 pagi, Deasandrea langsung memacu sepeda motornya menuju Kota Palu. Dan tiba sekitar pukul 10.00 wita.

Sedangkan untuk paket makan malam, dia mulai persiapkan siang hari, dikemas lalu dibawa lagi ke Palu dan tiba di Posko Roa Jaga Roa sekitar pukul 17.30 wita.

Joshua Marunduh, relawan Roa Jaga Roa tidak bisa berkata apa-apa yang dilakukan Desandrea. “Loyo lututku pak,” begitu tulis Joasua di grup.

Joshua mengakui sempat berkomunikasi dengan Desandrea di media sosial. “Saya tidak menyangka kalau warung yang dikelolanya berlokasi di Desa Tongoa,” kata Joshua.

Posko Relawan Covid-19 Roa Jaga Roa sudah mengani 400-an warga isolasi mandiri di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Selain menyiapkan paket makanan, Roa Jaga Roa juga menyiapkan vitamin, oksigen dan bantuan ambulans untuk rujukan ke rumah sakit.

Semua paket isoman dan lain-lain itu dikelola dari bantuan donasi berbagai pihak. Adajuga donasi barang yang diantar langsung ke posko. (ptr)

Laporan : Pataruddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan