Walikota Palu Ancam Pecat RT /RW yang Izinkan Warganya Lakukan Kerumunan saat PPKM Level 4

  • Bagikan
Bupati Sigi, Mohammad Irwan (kiri), bersalaman bersama Walikota Palu, Hadianto Rasyid (Kanan), saat menggelar pertemuan di ruang kerja Walikota Palu, Selasa (30/03/2021). (Foto: Istimewa).

PALU, Kabar Selebes – Untuk menekan lonjakan kasus Virus Corona atau Covid -19, Pemerintah Kota Palu tidak main – main dalam mendisiplinkan pelaksanaan PPKM level 4. Pemerintah Kota Palu tak segan segan akan memecat RT/RW jika mengizinkan warganya melakukan kerumunan saat PPKM level 4 diberlakukan.

“Kami tidak memandang siapa pun itu yang melanggar protokol kesehatan (prokes)  akan ditindak. Bahkan izin usaha bisa kami cabut dan lakukan pemecatan terhadap RT/RW yang mengizinkan wilayahnya terjadi perkumpulan, seperti acara reuni maupun pesta pernikahan,” kata Walikota Palu Hadianto Rasyid, Kamis (12/8/2021).

Menurutnya terjadinya penambahan atau tidaknya kasus Covid -19 di kota Palu  tergantung kesadaran masyarakat. Untuk itu perlu adanya pendisiplinan dalam hal ini RT /RW dianggap berperan penting bagi warganya dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes).

Untuk mengatasi terjadinya peningkatan jumlah kasus COVID-19, Pemkot menyediakan 3 gedung untuk pelayanan medis, yakni Gedung Bapelkes, Asrama Haji Transit Palu, dan RSUD Anutapura.

“Ada 3 lokasi pelayanan medis disediakan untuk perawatan dan isolasi, namun perlu diakui bahwa tenaga medis untuk mengatasi membeludaknya kasus COVID-19 masih sangat dibutuhkan,” pungkasnya

Kasus positif COVID-19 di Kota Palu memiliki tren peningkat yang cukup tinggi, Dalam laporan Pusdatina COVID-19 Sulteng, Kota Palu menempati peringkat pertama dari 12 kabupaten 1 kota di Sulteng yant jumlah penderita Covid -19 terbanyak Dengan jumlah kumulatif per 12 Agustus 2021 sebanyak 6.918 kasus.(iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan