Talk Show UMKM Ditengah Pandemi, BPC HIPMI Morowali, Pemda dan Bank Sulteng Teken MoU

  • Bagikan
Foto: Humas HIPMI Morowali

MOROWALI, Kabar Selebes – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke -76 (17-8-2021) dan Hari UMKM Nasional (12-8-2021), Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Morowali menggelar talk show pada Selasa (17/8/2021).

Kegiatan talk show bertajuk HIPMI Talk Merdeka Berwirausaha, dengan tema “Inovasi dan Solusi Perbankan dalam Membangkitkan UMKM di tengah Pandemi” berlangsung di New Celebes Cafe n Resto. Di inisiasi Bidang II Keuangan dan Perbankan BPC HIPMI Morowali bekerjasama dengan Bank Sulteng Cabang Bungku, dan didukung Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, PT IMIP dan PT Ang & Fang Brother.

Acara diikuti sebanyak 31 UMKM binaan BPC HIPMI Morowali. Dihadiri para keynote speaker, diantaranya Kepala Dinas Koperasi dan UMKM St Asma Ul Husna Syah, Kepala Bank Sulteng Cabang Bungku Untung Sulyadi, serta Ketua Umum BPC HIPMI Morowali Muh Sadhak Husein. Acara juga digelar secara virtual dan diikuti Ketua Umum BPD HIPMI Sulawesi Tengah, Nadier Bajamal.

“Terima kasih kepada Bank Sulteng Cabang Bungku, PT IMIP dan PT Ang & Fang Brother yang telah memfasilitasi kita, sehingga acara ini terlaksana dan tentunya Pemda Morowali yang telah memberikan izin dan ruang untuk HIPMI melaksanakan kegiatan,” ucap Ketua Bidang II, Dian Wardani, dalam sambutannya.

“Ini mungkin gerakan kecil kami sebagai bentuk kontribusi untuk meningkatkan gairah berwirausaha, terutama untuk UMKM di Morowali yang merasakan dampak adanya pandemi Covid-19. Namun melalui kegiatan ini kami berharap bisa memberikan hasil yang konkret dalam mengatasi permasalahan yang ada, agar UMKM Morowali tidak hanya sekadar bertahan hidup tapi juga bisa naik kelas, agar visi Morowali Sejahtera Bersama bisa dirasakan masyarakat,” ujarnya lagi.

Diketahui, sebagai langkah konkret untuk mendukung pelaku UMKM, dalam acara tersebut dilakukan penandatanganan MoU kemitraan antara Bank Sulteng Cabang Bungku,  Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Dinas Koperasi dan UMKM Morowali dengan BPC HIPMI Morowali tentang Pembinaan dan Pendampingan serta Bantuan Modal Usaha bagi UMKM Binaan BPC HIPMI Morowali.

Ketum BPC HIPMI Morowali, Muh Sadhak Husein mengatakan, dengan adanya penandatanganan MoU bersama stakeholders terkait, diharapkan dapat menjadi titik awal dalam menghidupkan geliat, sekaligus penguatan bagi UMKM di Morowali.

“MoU ini menjadi kado kemerdekaan untuk pelaku UMKM di Morowali yang baru saja kita peringati hari UMKM Nasional tanggal 12 kemaren. Kami dari BPC HIPMI Morowali tidak berhenti di tahapan MoU, tapi akan kami usahakan agar bisa menjadi perjanjian kerjasama dengan Bank Sulteng terkait Produk Pembiayaan Bunga rendah maupun pemberdayaan UMKM lewat CSR,” jelas Sadhak.

“Begitu juga dengan Dinas Koperasi dan UMKM, kita harapkan banyak UMKM bisa didaftarkan sebagai binaan dinas, sekaligus pengurusan izin UMKM melalui sistem OSS,” katanya lagi.

Demikian pula diutarakan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Morowali, St Asma Ul Husna Syah. Dikatakannya, bahwa dengan menggandeng organisasi independen non partisan yang diisi para pengusaha muda, HIPMI akan menjadi mitra terbaik dalam mewujudkan visi Pemerintah Daerah yakni Morowali Sejahtera Bersama.

“Pemerintah butuh mitra, butuh pihak swasta, dan semoga bersama HIPMI kita bisa menjadi mitra dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.  Dengan adanya HIPMI, diharapkan dapat merangsang pertumbuhan sektor-sektor lain, utamanya pengembangan dan penguatan UMKM,” ungkapnya.

“Sehingga dengan demikian, dapat memberi kebermanfaatan dalam memacu perkembangan perekonomian di Morowali,” tandas Asma. (*/ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan