Kabupaten Touna, Donggala dan Parimo Terendah Sebaran Vaksin

  • Bagikan
Seorang warga sedang menjalani vaksinasi di Palu.(Foto: Abdee Mari/kabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura menyampaikan realisasi sebaran vaksin di Sulawesi Tengah masih mencapai 17 % dari target Vaksin. Gubernur Rusdi bahkan menyebut tiga kabupaten yang paling rendah sebaran vaksinnya.

Tiga kabupaten itu adalah Kabupaten Tojo Unauna (Touna), Donggala dan Parigi Moutong (Parimo).

Gubernur Rusdi Mastura , meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah agar Distribusi Vaksin terus ditingkatkan ke kabupaten dan kota.

“Sesuai data sebaran vaksin yang terendah ada di Kabupaten Parigi Moutong, Tojo Unauna, dan Donggala masih sangat jauh dari target provinsi atau target nasional,” kata Rusdi Mastura, Sabtu (21/8/2021).

Gubernur meminta agar kabupaten yang masih rendah sebaran vaksinnya supaya lebih meningkatkan realisasi dan dan menjemput vaksin ke provinsi.

“Untuk Kota Palu sebaran vaksinnya sudah mencapai 40 % , Buol 27,6%, Morowali sudah mencapai 41 ,1%. Saya mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih atas dedikasinya untuk percepatan vaksinasi kepada masyarakat,” kata Rusdi.

Gubernur menyampaikan bahwa sesuai dengan imbauan Pemerintah Pusat, WHO bahwa vaksin bukan membuat orang tidak terpapar Covid-19, tetapi vaksin dapat meningkatkan imunitas tubuh.

“Orang yang di vaksin terpapar dengan gejala berat bisa menjadi menurunkan menjadi gejala ringan, gejala ringan menjadi tidak bergejala atau OTG, demikian manfaat orang yang sudah dilakukan vaksin,” katanya lagi.

Gubernur juga menyampaikan orang yang vaksin harus juga mematuhi protokol kesehatan , seperti masker , menghindari kerumunan dan menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.(*/abd)

Laporan : Abdee Mari 

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan