Cerita Produsen Peti Mati di Palu, Kebanjiran Orderan di Tengah Melonjaknya Kasus Covid-19

  • Bagikan
Seorang pekerja menyelesaikan pembuatan peti jenazah di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (23/08/2021). (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Sejumlah produsen peti mati di Kota Palu, Sulawesi Tengah mengaku kebanjiran orderan dalam sebulan terakhir. Meski begitu, kondisi ini pun diakui membuat rasa iba sebab banyak yang meninggal karena Covid-19 di tengah omzet yang meningkat tajam.

Jeri (26), salah satu produsen peti jenazah di Jalan Maluku, Kota Palu mengaku kebanjiran orderan mulai bulan Juli lalu. Jika sebelumnya penjualan peti tak menentu, kini selama pandemi omzetnya meningkat drastis hingga 20 persen.

Terhitung sudah ratusan peti khusus jenazah Covid-19 yang sudah dia antarkan ke sejumlah rumah sakit. Begitu juga dengan pesanan perorangan.

“Dari bulan Juli orderan dari 3 rumah sakit mulai banyak. Biasa sampai 5 peti Covid perhari. Di rumah sakit Undata saat ini dalam sebulan sudah 80 peti mati yang di order,” katanya, Senin (23/08/2021).

Kondisi ini, lanjut Jeri, membuatnya ikut turun tangan untuk membuat peti. Dua pegawai yang dipekerjakannya cukup kewalahan sebab banyak orderan yang datang. 

Meski kebanjiran pesanan, di sisi lain dia merasa prihatin sebab banyak yang meninggal akibat Covid-19. Kondisi ini pertentangan dengan geliat usaha yang dia geluti selama beberapa tahun belakangan. 

“Kasihan juga meski banyak omzet. Banyak yang meninggal karena Covid-19. Tak kenal orang muda, orang tua, miskin dan kaya,” ujarnya.

Senada, Soleha (65 th) produsen peti mati lainnya juga mengaku kebanjiran orderan. Belakangan pesanan peti mati perorangan diakui meningkat drastis.

Meski tak pernah mendata jumlah orderan, permintaan kata dia meningkat di awal bulan Juli lalu. Pesanan juga bahkan datang dari luar daerah kota Palu.

Meski kebanjiran orderan Soleha berharap pandemi Covid-19 segera berlalu. Ia merasa khawatir setiap hari mendengar mobil ambulans lalu lalang di jalanan.

“Kasihan juga orang yang kena Covid-19 begini. Semogalah pandemi ini cepat berlalu,” tuturnya. (ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan