Warga Lanona Adukan PT Lambang Agro ke DPRD Morowali

  • Bagikan
Beberapa perwakilan warga dari Desa Lanona, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah saat mengadu ke DPRD.(Foto: Ahyar Lani/KabarSelebes.ID)

MOROWALI, Kabar Selebes – Beberapa perwakilan warga dari Desa Lanona, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, mengadukan dugaan penyerobotan lahan warga yang dilakukan pihak perusahaan sawit PT Lambang Agro.

Pengaduan disampaikan langsung ke gedung DPRD Morowali yang diterima Wakil Ketua I, Syarifudin Hafid, di ruang kerjanya pada Senin (23/8/2021).

Salah satu perwakilan warga, Sukani mengatakan, sejak tiga tahun lalu lahannya diserobot pihak perusahaan. Pernah dilakukan sosialisasi, tapi hanya sekedar pemberitahuan. Begitu pun saat rapat di Balai Desa, hanya perwakilan warga dan kepala desa yang diundang.

“Kami tidak bersedia jika pihak perusahaan melakukan aktivitas dengan bagi hasil 60:40. Kami minta lahan kami dikembalikan, karena lahan kami itu sudah bersertifikat,” bebernya.

Sementara, Syarifudin Hafid mengatakan, bahwa prinsipnya DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat menyambut baik pengaduan warga terkait dugaan penyerobotan lahan yang dilakukan pihak perusahaan sawit PT Lambang Agro.

“Kita akan undang pihak perusahaan untuk memberikan klarifikasinya. Kita akan agendakan secepatnya. DPRD hanya melakukan mediasi, dan Pemda nantinya yang eksekusi,” tandas politisi Demokrat ini. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan