BMKG Ungkap Kontur Batuan di Touna Pasca Dilanda Gempa

  • Bagikan
Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Palu, Sujabar menunjukan titik kordinat terjadinya gempa di Touna pada alat Warning Receiver Sistem di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (26/08/2021). (Foto Adi Pranata.)

PALU, Kabar Selebes – Badan Meteorologi, Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika kelas I Palu melakukan pemeriksaan terhadap kontur batuan di wilayah Kabupaten Tojo una-una. Hal itu dilakukan menyusul terjadinya gempa berkekuatan 6,5 di wilayah laut Ampana pada Juli lalu.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika kelas I Palu, Sujabar, mengatakan pemetaan itu disebut Micro zonasi. Survei, kata dia, dilakukan di 12 titik wilayah Tojo Unauna pasca diguncang gempa pada 26 Juli 2021.

“Kita itu survey sampai ke Bunta, di sana kurang lebih ada 15 titik yang disurvey,” katanya kepada media ini, Kamis (26/08/2021)

Berdasarkan hasil Survei, dijelaskan jenis kontur bebatuan di wilayah Touna masuk dalam kategori sedang. Jenis ini, kata dia, termasuk dalam kategori aman untuk sebuah bangunan ketika diguncang gempa.

“Rada amanlah, kan gak lunak. Aman dalam artian guncangan tertentu, ini buktinya kan gak ada yang roboh bangunan,” sebutnya.

Menurutnya, hal ini menjadi suatu keuntungan untuk wilayah Touna. Dengan jenis kontur tanah yang sedang, menurut dia, ada sedikit peredaman guncangan apabila gempa dengan skala merusak kembali terjadi.

“Jadi gelombang gempa itu ada peredaman sedikit,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya kata dia juga melakukan survey pemetaan daerah rawan Tsunami di wilayah Touna. Hal itu dilakukan untuk memastikan titik tempat pemasangan peta daerah rawan Tsunami dan jalur evakuasi.

“Karena ada kepanikan di masyarakat kita juga sosialisasi kepada masyarakat terkait mitigasi kegempaan Tsunami,” katanya.

Sebagai informasi, dalam 30 hari terakhir terhitung sudah dua kali gempa yang bisa menyebabkan kerusakan terjadi di Wilayah Touna.

Pertama gempa berkekuatan 6,3 magnitudo terjadi di koordinat 0,77 derajat LS-121,95 der BT, di laut pada jarak 58 kilometer arah timur laut Kabupaten Tojo Unauna.

Kedua, gempa berkekuatan 5,8 terjadi pada Kamis (26/08/2021) pada pukul 10:14 Wita yang berpusat di 0.70 LS-121.51 BT atau 44 km Barat Laut Tojo Unauna.(ap)

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan