Jembatan Desa Saluaba Putus Disapu Banjir

  • Bagikan
Kepala Dinas PU Touna llyas lagi memantau lokasi pasca banjir yang mengakibatkan jembatan putus.(Foto: Ipul Hulungo)

AMPANA, Kabar Selebes – Jembatan yang berada di Desa Saluaba, Kecamatan Ampana Kota, Kabupaten  Tojo Unauna (Touna), Sulawesi Tengah, ambruk disapu banjir. Banjir itu disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi beberapa hari ini di Kabupaten Touna.

Debit air yang tinggi membuat abutment jembatan patah. Akibatnya, jembatan itu tidak bisa dilalui kendaraan.

Dinas Pekerjaaan Umum Touna turun tangan melakukan perbaikan walaupun masih darurat.

Pantauan media ini Selasa (31/8/2021),  dua alat  berat sampai saat ini masih melakukan perbaikan dan normalisasi sungai agar tidak berdampak ke pemukiman warga bahkan ke kebun masyarakat .

Kepala Dinas PU Touna Ilyas kepada KabarSelebes.id mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan normalisasi sungai, karena tipologi sungai itu membawa sedimen material.

“Dan itu sangat berbahaya karena bisa mengubah alur sungai sehingga dikhawatirkan akan masuk ke lahan perkebunan dan pemukiman,” kata Ilyas.

Lebih lanjut kata Ilyas, sejak hari kamis pihaknya terus melakukan normalisasi sungai dan saat ini sudah melakukan penimbunan jalan alternatif sepanjang 300 meter.

“Sebab jembatan belum bisa dilalui saat ini masih darurat. Sekarang kita mau buat tapi anggarannya belum tersedia. Insya Allah nanti kita usulkan di tahun 2022,” kata Ilyas.(shl)

Laporan : Saiful Hulungo

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan