Konsolidasi, Gerindra Sulteng Rombak Total Lima Pimpinan Cabang

  • Bagikan
Longki Djanggola

PALU, Kabar Selebes – Lima dewan pengurus cabang (DPC) Partai Gerindra di Sulawesi Tengah mengalami perombakan besar-besaran dalam rangka konsolidasi dan harus harus rampung hingga Desember 2021. Konsolidasi dilakukan mulai pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Pengurus Anak Cabang (PAC) dan Ranting.

Ketua DPD Partai Gerindra Sulawesi Tengah H Longki Djanggola mengatakan konsolidasi itu harus selesai sebelum dilakukan verifikasi langsung awal 2022.

“Sebelum verifikasi langsung awal 2022, seluruh struktur dari DPD, DPC, PAC dan Ranting sudah harus siap,” kata Longki.

Terkait perombakan dan munculnya wajah baru, kata Longki, untuj tingkat DPD Sulawesi Tengah cukup kecil sekali, tidak sampai 10 persen, baik pengurus harian maupun pengurus pleno.

Untuk tingkat DPD, kata Longki, ada beberapa yang dirombak total karena dinilai selama lima DPCnya tidak jalan.

 “Contoh DPC Banggai Laut. Ini memang saya anggap gagal. Kemudian Kota Palu. Kota Palu memang kelihatan dari anlegnya (anggota legislatif) itu berhasil, ada enam orang. Tetapi keberadaan anleg-anleg ini sebenarnya kontribusi dari DPDnya, paling tidak. Karena semua aktifitas DPD itu ada di Kota Palu sehingga nama DPD Gerindra Kota Palu terikut secara otomatis,” urainya.

DPC lain yang mengalami perombakan yaitu Motowali Utara, Tolitoli dan Buol.

“Mandat pergantian ketua DPC sudah diterima masing-masing. Ada kepengurusan yang tidak aktif lagi, ada pula yang mengundurkan diri seperti Ketua DPC Gerindra Donggala Datu Wajar Lamarauna dan DPC Kota Palu Ikhsan Kalbi sebagai penerima mandat ketua,’ kata Longki lagi.

Untuk DPC Gerindra Sigi, karena ketuanya Paulina meninggal dunia, maka wakil ketua yang ditunjuk sebagai pelaksana ketua. Tetapi pengurus lainnya tiďak berubah.

Lanjut Longki, untuk rekruitmen calon anggota legislatif, Gerindra membuka diri bagi non kader. “Sepanjang memenuhi persyaratan, maka tidak harus kader. Bisa dari non kader bahkan dari partai lain sepanjang memenuhi persyaratan,” ujarnya.

Terkait peluang dirinya maju sebagai caleg DPR RI, kata Longki, itu tergantung keputusan DPP Partai Gerindra.

“Saya juga tetap memperhatikan kondisi kesehatan,” kata Longki.(ptr)

Laporan : Pataruddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan