Cara Ponpes Madinatul Ilmi Dolo Cegah Penyebaran Covid-19

  • Bagikan
Seorang santri menunjukan kartu vaksinasi Covid-19 di Ponpes Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (07/09/2021). (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes).

SIGI, Kabar Selebes – Sebanyak 250 siswa di pondok pesantren (Ponpes) Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo, di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menerima suntikan vaksin Covid-19, Selasa (07/09/2021). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan pondok pesantren yang sudah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Pimpinan ponpes Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo, Dr. Ali Hasan Al-Jufri mengatakan, vaksinasi merupakan upaya mengikuti instruksi presiden untuk mengoptimalkan vaksinasi Covid-19 di wilayah pondok pesantren. Selain para santri dan santriwati, vaksinasi Covid-19 itu juga ditujukkan untuk pengurus dan mantan alumni pondok pesantren. 

“Kita juga bersama masyarakat sekitar 250, jadi kurang lebih 500 orang untuk vaksinasi hari ini,” kata Habib Ali kepada KabarSelebes.id.

Vaksinasi, lanjut dia, penting dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada saat pembelajaran tatap muka. Para guru di ponpes pun telah menerima suntikan vaksin sebelum mengajar anak-anak.

Selain itu, para orang tua siswa tidak diperbolehkan menemui anaknya selama berada di Ponpes kecuali untuk kepentingan yang mendesak. Meski begitu, Habib Ali mengatakan orang tua diperbolehkan menemani anaknya menerima suntikan vaksin apabila sudah melampirkan surat keterangan anti gen negatif Covid-19.

“Jika santri sudah di dalam (Ponpes) tidak boleh ada kunjungan, tidak boleh ada titipan dan lain sebagainya. Jadi selama pembelajaran tatap muka kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menjaga jangan sampai ada yang terinfeksi Covid-19,” papar Habib Ali.

Dengan demikian, ia pun berharap segala upaya yang dilakukan membuat ponpes bisa lebih aman dari penyebaran Covid-19 sehingga ke depan bisa menerima kunjungan dari orang tua siswa yang sudah rindu kepada anak-anaknya.(ap)

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan