APPDS Gelar Aksi Damai, Minta Turunkan Kepala Desa Sakita

  • Bagikan
Aliansi Pemuda Pemudi Desa Sakita berunjukrasa. (Foto:Ahyar Lani/KabarSelebes.id)

MOROWALI, Kabar Selebes – Sekitar puluhan orang yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Pemudi Desa Sakita (APPDS) menggelar aksi damai pada Kamis (8/9/2021).

Aksi damai digelar di kantor Desa Sakita, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Koordinator Lapangan (Korlap) APPDS, Sarmin, dalam orasinya mengungkapkan, bahwa Kepala Desa Sakita tidak demokratis dalam memimpin. Olehnya diminta mundur dari jabatan.

“Kami meminta agar Kepala Desa transparan tentang anggaran pembangunan desa yang dilakukan ugal-ugalan. Tidak memasang papan proyek jalan tani dan wc lapangan, anggarannya dipertanyakan,” ungkap Sarmin.

“Tidak adanya papan informasi realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2021 dan 2022. Sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pada Pasal 24 menyebutkan penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan asas keterbukaan dan akutabilitas,” ungkapnya lagi.

Olehnya, APPDS menilai bahwa Kepala Desa telah mengambil kebijakan yang merugikan kepentingan umum. Seperti penolakan penurunan status hutan lindung, dan penolakan bantuan pembangunan jembatan Tompa Ika dari pihak TNI.

APPDS juga menilai Kepala Desa tidak mampu menyelesaikan masalah dan melakukan tindakan diskriminatif yang meresahkan masyarakat. Seperti masalah sengketa lapangan sepak bola, dan lahan masyarakat, serta pengadaan tong sampah yang belum terealisasi.

“Turunkan Kepala Desa dari jabatannya sekarang juga,” tandas Sarmin.

Aksi damai yang digelar APPDS berjalan aman dan tertib dalam pengawalan aparat keamanan. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan