Mahasiswa di Palu Ambil Peran Perangi Covid-19 di Tengah Masyarakat

  • Bagikan
Seorang mahasiswa memasangkan masker kepada anak-anak saat sosialisasi upaya pencegaahan Covid-19 di Kelurahan Tipo, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Rabu (08/09/2021). (Foto: KKN 48 Unisa)

PALU, Kabar Selebes – Upaya sosialisasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Kota Palu, Sulawesi Tengah kini kian masif dilakukan. Tak hanya oleh satuan tugas Covid-19, mahasiswa sebagai agen perubahan turut serta memberi edukasi cara pencegahan Covid-19 di tengah masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan mahasiswa/i Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) angkatan 48 Tahun 2021 Universitas Alkhairaat di Palu. Selama kurang lebih 1 bulan mulai 16 Agustus hingga 15 September, mereka sosialisasi pencegahan penyebaran Covid 19 di Kelurahan Tipo, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu.

“Rangkaian kegiatan ini dimulai dari sosialisasi mobile, juga pembagian APD (alat pelindung diri), Masker langsung kepada masyarakat kelurahan Tipo,” kata Ketua kelompok KKNT Devra Anga Lesmana Putrayang, Kamis (09/09/2021).

Selain itu, sosialisasi yang dipimpin langsung oleh Lurah Tipo, Drs.Muin Bahar  didamping ketua Satgas, Darwis Abdullah, dan puskesmas setempat, dilakukan dengan menempel poster pada sarana publik serta penyemprotan desinfektan di sekolah-sekolah, tempat-tempat ibadah, posyandu serta terminal tipo.

Sosialisasi terutama dilakukan pada anak-anak. Ini sebagai bentuk usaha dalam mengedukasi sejak dini mengenai pencegahan penyebaran Covid 19 melalui pementasan boneka wayang, permainan tradisional, dan permainan lainnya.

“Melalui pementasan dan permainan-permainan ini diharapkan anak-anak mudah memahami tentang bahaya penyakit menular ini dan dapat menerapkan cara pencegahannya di kehidupan sehari-hari melalui pemakaian masker, cuci tangan, dan menjaga jarak” terang Devra.

Masyarakat pun berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut sebagai usaha untuk mengisi kegiatan positif di masa pandemi terutama bagi anak-anak di dusun wana.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih banyak kepada mahasiswa Universitas Alkhairaat semoga kegiatan bermanfaat seperti ini tak berhenti cukup sampai di sini,” ujar Lurah Tipo, Drs.Muin Bahar.  (ap)

Laporan: Adi Pranata

Editor : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan