Lapas Kelas II A Palu Siapkan Mitigasi Antisipasi Kebakaran

  • Bagikan
Lapas Kelas II A Palu. (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Palu di Sulawesi Tengah akan segera menggelar mitigasi bencana sebagai antisipasi kebakaran seperti yang terjadi di Tanggerang belum lama ini.

“Pasca kebakaran di lapas kelas I Tanggerang kemarin, kami juga langsung melakukan razia ke kamar-kamar tahanan untuk mengecek sambungan-sambungan (listrik) liar yang ada,” kata Gamal Badri, Kepala Lapas Kelas II A Palu kepada KabarSelebes.id Jumat (10/09/2021).

Gamal mengatakan, mitigasi dalam hal ini juga turut dilakukan dengan menggandeng pihak PLN, dan Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan di daerah setempat.

Sudaryano Lamangkona

PLN, kata Gamal, nantinya akan melakukan uji kelayakan instalasi listrik yang terakhir diperbarui tahun 2019 lalu. Upaya ini penting dilakukan untuk memastikan keamanan instalasi listrik sebagai upaya mengurangi resiko penyebab kebakaran.

Sementara itu, pemadam kebakaran Kota Palu dalam waktu dekat akan melaksanakan simulasi penggunaan alat pemadaman api ringan (APAR) kepada para warga binaan di Lapas. “Ini penting dilakukan agar musibah atau kebakaran yang terjadi bisa ditanggulangi,” ucap Gamal. 

Terpisah, Kepala Damkar Palu, Sudaryano Lamangkona mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan oleh Lapas kelas II A Palu. Menurutnya, Lapas Palu sebagai salah satu objek vital negara keamanannya harus benar-benar dijaga. Terutama mengantispasi terjadi kebakaran.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat Damkar Palu siap melakukan asesment kebutuhan di lapas dan juga memberikan simulasi cara memadamkan api. “Kemudian kami juga sarankan membentuk satuan tugas yang berfungsi untuk melakukan antisipasi apabila ada terjadi kebakaran,” ujar Sudaryano. (ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan