Kerja Senyap ‘Penyambung’ Nafas Sesak Itu

  • Bagikan
Ketua PSMTI Sulawesi Tengah Wijaya Chandra (kanan) bersama Ketua Bidang Sosial PSMTI Sulawesi Tengah Ricky Tjui memegang tabung oksigen yang didisitribusi bagi warga yang mengalami sesak nafas. (Foto: Patar)

PALU, Kabar Selebes – Dari bencana ke bencana, perannya ‘menyambung’ nafas yang sengal dan sesak. Pasca bencana alam gempa bumi, tsunami dan likuifaksi, 28 September 2018 dan sejak pandemi virus corona (covid-19).

Adalah Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sulawesi Tengah mengawali perannya dari beberapa tabung. Kini sudah mengelola puluhan tabung oksigen berbagai ukuran dan volume.

Ketua Umum PSMTI Sulawesi Tengah Wijaya Chandra mwngatakan apa yang dilakukan PSMTI itu semata-mata bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan bagi saudara-saudara yang sedang terpapar corona.

“Kita sadari rasa kegotongroyongan mengalami degradasi. Nah, dengan momentum ini kita manfaatkan dengan baik untuk saling membantu dan menguatkan,” ujar pemilik Millenium Warer Park itu.

Baginya, apa yang dilakukan tidak lagi melihat latar belakang dan sebagainya.

Wijaya Chandra juga mengapresiasi adanya Posko Relawan Covid-19 Roa Jaga Roa. ‘Ini sangat tepat untuk membantu sesama dan dibentuk kawan-kawan jurnalis,” katanya lagi.

Wijaya bercerita, puncak kebutuhan tabung oksigen yang dikelola PSMTI dan Posko Roa Jaga Roa sekitar 20 tabung perhari. Sempat bingung, tapi berkat kerjasama yang baik, bisa dilalui dengan baik.

Senior Relawan Posko Covid-19 Roa Jaga Roa Andi Mulhanan Tombolotutu, keterlibatan para pihak tentu sangat diapresiasi sebagai bentuk gotong royong dalam membantu warga yang sedang terpapar.

“PSMTI adalah pihak yang begitu strategis dalam gerakan keswadayaan ini. Bantuan dan penyediaan tabung oksigen bagi wsrga yang mengalami sesak nafas jadi hal urgent,” katanya.

Banyak warga yang mengalami sesak nafas mengalami kesembuhan berkat ketersediaan tabung oksigen.

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah Ahmad M Ali meminta pemerintah daerah melakukan langkah-langkah strategis agar pandemi covid-19 segera berakhir di daerah ini.

“Percepatan vaksinasi salah satunya. Pemda harusnya menempuh langkah-langkah agar target vaksinasi dapat tercapai,” ujar Ahmad Ali.

Dia juga meminta kepada semua pihak terutama masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari paparan corona. (ptr)

Laporan : Pataruddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan