Pasien Covid-19 di RSUD Anutapura Terus Menurun, Walikota Palu Minta Timnya Masifkan 3 T

  • Bagikan
Ilustrasi: Seorang tenaga medis menggunakan APD lengkap berjalan di depan ruangan bersalin RSUD Anutapura Kota Palu, Sulawesi Tengah (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura Palu, Sulawesi Tengah terus menurun. Dalam kurun waktu kurang lebih 9 hari ketersediaan tempat tidur di rumah sakit itu mampu ditekan dari sebelumnya 30 persen kini menjadi 20 persen.

“Menurunnya ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 menunjukkan bahwa kasus covid -19 di Palu semakin menurun,” kata Walikota Palu Hadiyanto Rasyid, Senin (20/09/2021).

Hadiyanto menjelaskan berdasarkan data dari RSUD Anutapura Palu, jumlah pasien yang masih menjalani perawaran intesif di ruang isolasi covid-19 hingga Jumat lalu tersisa 130 orang. Angka ini akan menjadi tolak ukur bagi pemerintah pusat dalam memutuskan penetapan level di Palu.

“Kami berharap kasus ini bisa ditekan seminimal mungkin agar agar aktivitas perekonomian masyarakat tidak terganggu,” ungkap Hadiyanto.

Olehnya, dengan jumlah kasus yang semakin terus menurun diharapkan Kota Palu bisa masuk dalam zona penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan level 2.

“Satu progres yang baik dalam penanganan penyebaran covid – 19 di Palu tidak terlepas dari peran tim yang bekerja di lapangan,” kata Hadyanto.

Ia juga meminta kepada tim yang bertugas di lapangan agar lebih memasifkan kegiatan testing, tracking, dan treatment (3T) di tengah masyarakat dan mengoptimalisasi gerakan vaksinasi untuk mengejar capaian target 80 persen dalam rangka menciptakan kekebalan kelompok.

Pemerintah Kota Palu juga terus mengimbau warga agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan Covid – 19 dalam kehidupan sehari hari yakni dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, mengurangi mobilitas, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.(iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan