Program Kemensos RI, FKS Petirodongi Latih Warga Buat Pakan Ikan

  • Bagikan

POSO, Kabar Selebes– Forum Keserasian Sosial (FKS) Kelurahan Petirodongi, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulteng melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas ekonomi masyarakat melalui pelatihan pembuatan pakan ikan (Pelet). Jumat (22/10/21).

Kegiatan tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) melalui program sinergisitas antar kementerian/lembaga.

Turut hadir Lurah Petirodongi, Verlina Rahamis, Muh Ridwan selaku Fasilitator Daerah Sinergisitas Antar Kementerian/Lembaga, Bhabinkamtibmas Petirodongi, Seklur Petirodongi, Ketua FKS dan Anggota FKS Petirodongi serta warga Kelurahan Petirodongi.

Dalam sambutannya, Ketua FKS Petirodongi, Felbi Yosafat Mamboyu menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah terlibat dan bekerja keras dalam merealisasikan bantuan ini, baik pihak Kemensos yang telah membantu merealisasikan bantuan di Kelurahan Petirodongi.

Kata Felbi, bahwa dengan adanya tim Sinergisitas yang telah membantu memfasilitasi bantuan ini nantinya bisa turun ke warga di Kelurahan Petirodongi, sehingga pihak pemerintah daerah sudah mau menerbitkan rekomendasi sebagai bentuk dukungan penguatan terhadap realisasi bantuan, dan pihak pemerintah kelurahan sudah membentuk forum keserasian sosial.

“Tentunya saya Ketua FKS berjanji akan terus mengawal keharmonisan hubungan sosial yang ada di Kelurahan Petirodongi,” ungkapnya.

Lurah Petirodongi, Verlina Rahamis mengatakan, jika bantuan program ini cukup berdampak langsung bagi warga Petirodongi.

Menurut Verlina, pihaknya saat ini telah melaksanakan pembangunan lapangan volly yang di kerjakan secara gotong royong, serta kegiatan pelatihan yang juga dinilai sangat membantu warga dalam mengembangkan potensi pengembangan ekonomi di wilayah petirodongi.

“Bantuan yang bersifat pelibatan masyarakat secara luas sangat baik untuk menjaga hubungan sosial masyarakat,” ujarnya.

Sementara Muh Ridwan selaku Fasilitator Sinergisitas antar Kementerian/Lembaga mengakui, jika program bantuan keserasian sosial ini secara umum juga memiliki tujuan utama untuk membentuk karakteristik masyarakat yang selaras dan harmoni, hingga menumbuhkan kembali nilai-nilai kearifan lokal di tengah masyarakat yang majemuk, serta mencetak generasi yang kuat sebagai agen perdamaian di wilayah sasaran bantuan.

Kata Ridwan, kegiatan pelatihan pembuatan pakan ikan adalah merupakan bantuan dari Kemensos RI melalui program sinergisitas BNPT dengan tujuan untuk menanggulangi paham-paham radikal dan konflik sosial di masyarakat.(rdm)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan